Ada begitu banyak daftar nama wisata yang ada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Atau lebih spesifiknya adalah di kota Gunungkidul. Ini menjadikan magnet utama orang-orang untuk berkunjung dan berwisata di Yogyakarta. Salah satu magnet itu adalah Pantai Ngandong Yogyakarta.

Pantai Ngandong bisa dikatakan sebagai pantai tercantik di antara beberapa pantai di wilayah Gunungkidul. Namun, tak sebanding dengan keindahan alam dan pesona sunsetnya, Pantai Ngandong hanya memiliki pengunjung yang terbilang tak banyak. Pasalnya, untuk sampai ke pantai ini harus melewati rute yang terbilang tidak mudah.

Di antara rintangan yang harus dilewati seperti jalan berbatu, pepohonan besar di kiri-kanan jalan, dan masih banyak lainnya. Tapi, ketika Anda sudah sampai di pantai ini, semua perjuangan agak pahit tersebut akan terbayar lunas dan sepadan dengan keindahan yang ada. Berikut adalah ulasan ringkas tentang Pantai Ngandongan Yogyakarta. Yuk, mari simak.

Menikmati Indahnya Surga Tersembunyi Di Pantai Ngandong

Pantai-Ngandong-yogyakarta

Banyak yang menyebut bahwa Pantai Ngandong ini merupakan surga tersembunyi yang ada di Gungkidul. Ya, memang layak untuk disebut demikian. Keindahan alam pantai yang terdiri dari pasir putih, air laut yang masih biru sekali dan juga ombak kecil yang cukup tenang bisa membius Anda, para pecinta laut.

Tak hanya itu, di sekitar Pantai Ngandong ini juga terdapat bebatuan kapur yang biasa disebut dengan batuan karst yang tak kalah indahnya. Bukit-bukit yang mengelilingi pantai dengan keelokan warna hijaunya mampu menyejukkan mata yang memandangnya. Perpaduan dari keindahaan biru laut, pasir putih pantai dan hijaunya bukit-bukit menjadikan pantai ini kiranya layak disebut sebagai surga dunia.

Wajib untuk Berfoto Selfie di Pantai Ngandong

Pantai-Ngandong-yogyakarta

Di pantai yang indah ini, Anda wajib mengambil foto selfie. Selain panorama keindahan birunya air laut, hijaunya bukit dan putinya pasir, Pantai Ngandong juga memiliki keindahan tersendiri ketika air lautnya agak surut dan memunculkan semburat bebatuan karang. Itulah momen yang sangat tepat untuk mengambil foto selfie.

Di sini, Anda juga bisa melakukan snorkeling, sekedar jalan-jalan menyusuri garis pantai atau bersantai dengan duduk manis di atas pasir putih.

Lokasi dan Rute Menuju Ke Pantai Ngandong

Lokasi wisata Pantai Ngandong adalah di Jalan Pantai Selatan Jawa, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul. Untuk sampai ke Pantai Ngandong, Anda bisa melalui rute menuju Patuk dan Sambipitu. Dari sana, Anda bisa menuju ke pertigaan timur lapangan udara TNI Gading dan segere berbelok ke arah Playen. Dari Playen teruskan saja perjalanan Anda ke Saptosari sampai pertigaan yang ada sebelum pantai Baron. Belok saja dan ikuti arah menuju timur dan terus ikuti petunjuk untuk ke Pantai Sundak. Di sebelah pantai Sundak, Anda bisa menemukan pantai Ngandong.

Kebanyakan pengunjung Pantai Ngandong, akan terlebih dahulu memarkirkan kendaraan mereka di Pantai Sundak. Selanjutnya untuk menuju Pantai Ngandong, mereka memilih dengan berjalan kaki saja.

Harga Tiket dan Fasilitas yang Ada Di Pantai Ngandong

Untuk memasuki Pantai Ngandong ini, pengunjung akan dikenai biaya masuk sebesar Rp10.000 yang dengan biaya tersebut bisa digunakan juga untuk mengunjungi dua pantai di wilayah Gunungkidul ini. Untuk biaya parkir, Anda harus membayar Rp2.000 saja.

Fasilitas yang tersedia di pantai ini antara lain adalah Tempat Pelelangan Ikan, mini offroad, kamar mandi, warung makan, area parkir yang cukup luas dan ada rumah singgah yang dinamakan Crab Resort.

Keindahan panorama alam dan pantai pasir putih serta perbukitan yang ada di Pantai Ngandong Yogyakarta ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang memang gemar berwisata ke pantai. Untuk itu, Anda perlu melewati beberapa rintangan agar bisa menikmati keindahan pantai ini.

Demikianlah ulasan singkat mengenai salah satu pantai dan destinasi wisata Pantai Ngandong Yogyakarta. Bagi Anda yang ingin pergi ke sana, tak perlu repot dan risau mengenai kendaraan. Anda bisa menyewa motor untuk Anda gunakan keliling pantai ini di jasa layanan sewa motor yang ada di laman Jogja Rental Motor. Atau hubungi WA nomor 0822-6660-6664.