Pantai Nglambor Yogyakarta adalah salah satu objek wisata pantai yang menjadi incaran para penikmat biota bawah laut. Letak Pantai Nglambor berdekatan dengan beberapa pantai indah lainnya seperti Pantai Jogan, Pantai Siung dan Pantai Timang. Setiap pantai yang ada di Selatan Jawa memiliki karakteristik yang hampir sama. Berpasir putih nan halus, dihiasi karang yang menjulang dan ombak pantai yang cukup besar.

Meski Pantai Nglambor tergolong pantai Selatan Jawa, tetapi Ia memiliki karakteristik pasir yang cukup kasar dan tidak berombak besar. Hal itulah yang menjadi daya tarik sendiri dari pantai ini. Karakter airnya yang tenang konon katanya dipengaruhi oleh dua pulau karang yang diberi nama watu kalong atau batu kekelawar dan watu kuntul atau batu burung. Kedua batu karang tersebut berbentuk seperti kura-kura yang mengapit Pantai Nglambor.

Lalu apa sajakah keseruan dan keunikan yang terdapat di Pantai Nglambor Yogyakarta? Berikut ini ulasan lengkapnya untuk Anda.

Menikmati Keindahan Pantai Sambil Belajar Budaya Setempat

Pantai-Nglambor-yogyakarta-sewa-honda-pcx-jogja

Dahulu pantai ini dihuni sepasang suami istri yang bertahan hidup dengan memanfaatkan kekayaan alam disekitarnya. Sehingga Pantai Nglambor terlepas dari kesan mistis dan mitos-mitos seperti pantai selatan lainnya. Namun masyarakat setempat tetap melakukan tradisi turun temurun yaitu upacara sedekah laut.

Upacara sedekah laut di pantai ini disebut ngalangi yang berarti menghalangi. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mengingatkan masyarakat sekitar agar tidak mengambil dan menangkap ikan disekitar pantai. Jadi, apabila Anda berkunjung ke Pantai Nglambor saat bertepatan dengan upacara sedekah laut, Anda bisa belajar dan melihat budaya daerah yang masih dilestarikan.

Mengulik Biota Bawah Laut dengan Snorkling

Daya tarik utama Pantai Nglambor memang terdapat pada biota bawah lautnya. Karakteristik air lautnya yang tenang menjadi keuntungan tersendiri. Sehingga setiap pengunjung yang datang dapat melakukan snorkling untuk melihat keindahan bawah lautnya. Anda akan merasakan sensai menyelam yang menyenangkan dengan melihat berbagai macam ikan kecil dan terumbu karang.

Dan jika Anda tidak menyukai snorkling, Anda bisa sekedar berenang atau bermain-main air dan mencari terumbu karang di sekitar pantai sambil menikmati semilir angin dan keindahan alamnya yang menawan.

Spot Foto Bawah Laut Terbaik

Pantai-Nglambor-yogyakarta-sewa-honda-pcx-jogja

Keidahan biota lautnya yang menawan tentunya sayang jika tidak Anda abadikan. Anda bisa ber swafoto dibawah permukaan air dengan beragam pose yang Anda suka. Anda hanya perlu menyiapkan kamera underwater. Namun jika Anda tidak memiliki kamera tersebut, Anda bisa memanfaatkan paket snorkling yang tersedia di pantai ini, termasuk berfoto di dalam air. Menarik bukan?

Mendaki Bukit Karang yang Unik

Setelah puas menelusuri keindahan bawah laut dan berfoto dengan ikan-ikan. Anda bisa melanjutka keseruan dengan mendaki bukit-bukit yang mengitari pantai. Dari atas bukit pesona Pantai Nglambor akan tergambar dengan sangat jelas dan indah. Anda bisa melihat keunikan dua bukit kura-kura yang berada di pantai ini dari atas bukit. Selain itu, Anda juga bisa menikmati matahari terbenam dengan sangat indah dan jelas dari atas bukit.

Lokasi, Akses Jalan dan Rute Pantai Nglambor Yogyakarta

Pantai Nglambor terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta, Anda bisa menempuh perjalanan selama 2-3 jam lamanya. Lokasi pantai ini diapit oleh pantai siung dan pantai jogan.

Akses menuju Pantai Nglambor sudah cukup bagus, hanya saja kondisi jalannya tidak terlalu lebar sehingga kendaraan seperti bus tidak bisa masuk. Anda perlu berjalan atau menaiki ojek dengan membayar jasa Rp5.000.00 untuk sampai Pantai Nglambor. Namun jika Anda menggunakan sepeda motor sendiri Anda bisa langsung menuju pantai.

Apabila Anda dari pusat kota Jogja, Anda bisa menuju Jl. Wonosari – Bukit Patuk – Bundaran Siyono – Kota Wonosari – ke arah Pantai Siung. Dari pantai siung ikuti petunjuk arah menuju Pantai Nglambor.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Pantai Nglambor

Untuk menikmati keindahan Pantai Nglambor, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000,00. Biaya parkir mobil sebesar Rp5.000,00 dan motor Rp2.000,00 saja. Sangat murah bukan?

Fasilitas yang ditawarkan oleh Pantai Nglambor pun sangat bervariasi. Anda bisa menyewa alat snorkel sebesar Rp35.000,00-Rp50.000,00. Anda juga bisa menggunakan paket snorkeling BNS sebesar Rp50.000,00 yang sudah meliputi masker, snorkel, sepatu karet, pelampung, guide, foto underwater, musala, ruang ganti dan tempat penitipan barang.

Demikian beberapa informasi penting tentang Pantai Nglambor Yogyakarta. Semoga dapat menambah wawasan dan referensi Anda yang ingin berlibur ke Pantai Nglambor. Untuk mempermudah akses Anda menuju pantai ini, alangkah baiknya Anda memanfaatkan layanan dari Jogja Rental Motor. Hubungi saja WA nomor 0822-6660-6664, setelah kesepakatan maka motor bisa diantar ke posisi Anda menginap.