Jika di artikel sebelumnya kita sudah membahas indahnya Pantai Nguyahan dan Ngrenehan yang keduanya ada di wilayah Gunungkidul, sekarang kita akan membahas pantai Ngobaran yang juga masih berada di satu kawasan dengan pantai Nguyahan dan Ngrenehan. Pantai Ngobaran Yogyakarta memiliki ciri khas yang tak kalah dari beberapa pantai di wilayah Gunungkidul lainnya.

Pantai Ngobaran ini sangat unik, berbeda dengan pantai lainnya di Gunungkidul. Pantai Ngobaran bisa dikatakan miniaturnya pantai yang ada di Bali. Pantai Ngobaran memiliki pura, tempat ibadah umat Hindu, seperti yang ada di Tanah Lot, Bali.

Konon katanya, Pantai Ngobaran ini masih ada kaitannya dengan Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Demak pada masa lampau. Di mana pada masa itu Kerajaan Majapahit dipimpin oleh Raja Brawijaya V yang tengah terpojok oleh Kerajaan Demak yang dipimpin Raden Fatah, putra dari Raja Brawijaya V.

Karena tidak mau berperang dengan Kerajaan Demak yang dipimpin oleh anaknya sendiri, akhirnya Raja Brawijaya lari ke arah barat dan sampai ke pesisir pantai yang tenang dan kemudian melakukan upacara muksa. Yakni upacara pembakaran diri dengan api yang kobarannya sangat besar. Dari situlah nama Ngobaran bermula dan dijadikan nama untuk pantai ini.

Pantai Rasa Bali di Pantai Ngobaran Yogyakarta

Pantai Ngobaran menawarkan keunikan tersendiri, yaitu pantai rasa Bali. Di mana di pantai ini terdapat Pura dan juga Musala yang ternyata menghadap ke selatan. Namun, pengunjung yang shalat di musala ini tetap menghadap kiblat ketika melakukan shalat.

Pantai-Ngobaran-yogyakarta

Adanya dua tempat ibadah ini merupakan simbol perdamaian dan toleransi antar umat beragama. Seperti yang ada di Bali, di mana Pura dan juga beberapa masjid yang. Di wilayah sebelah barat pantai Ngobaran ini seringkali dipakai untuk melakukan ritual acara kejawen.

Menikmati Indahnya Rumput dan Binatang Laut Pantai Ngobaran

Salah satu keunikan dan ciri khas pantai ngobaran adalah saat terjadi surutnya air laut. Hamparan alga cantik yang berwarna coklat, hijau dan lainnnya menjadi pemandangan indah tersendiri bagi pengunjung pantai ini. Hamparan alga hijau yang tumbuh di antara sela-sela bebatuan karang sangat mirip dengan tanaman padi muda yang ada di area persawahan petani padi.

Untuk menikmati keindahan ini, Anda juga bisa terlebih dahulu naik ke atas bukit yang ada di pantai Ngobaran. Di samping itu, ada beberapa macam binatang laut di pantai Ngobaran. Seperti landak laut, kerang laut, ikan, keong dan masih banyak lainnya yang bisa Anda cari dan nikmati.

Bersantai di Pantai Ngobaran Yogyakarta

Pantai-Ngobaran-yogyakarta

Setelah melihat indahnya hamparan alga atau rumput laut dan mencari beberapa hewan laut, Anda bisa bersantai di pantai dan menyantap makanan laut yang Anda inginkan. Seperti segarnya es kelapa muda yang dijajakan di pinggir pantai Ngobaran oleh beberapa penjual, atau menikmati khasnya makanan yang berasal dari binatang laut, yaitu ikan laut, landak laut, kerang, lobster dan masih banyak lainnya. Ada juga peyek ikan yang dijual sangat murah. Dengan harga Rp2.000 saja Anda sudah bisa menikmati lezatnya peyek ikan ini.

Lokasi dan Rute Pantai Ngobaran Yogyakarta

Pantai Ngobaran Yogyakarta berada di Desa Kanigoro, Kec. Saptosari, Kab. Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Anda yang dari Yoyakarta bisa mengambil arah Jalan Imogiri Timur lurus saja ke kanan dan sampai di Seloamioro. Ikutilah jalur lalu lintas selatan sampai Anda berjumpa dengan petunjuk jalan ke pantai Ngobaran.

Jika dari arah Wonosari, langsung saja ke arah Baron hingga sampai di pertigaan Baron. Kemudian ambillah arah kanan di kiri jalan untuk melihat petunjuk ke pantai Ngobaran ini.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Pantai Ngobaran

Untuk memasuki wisata ini, Anda hanya perlu membayar sebesar Rp3.000 saja. Biaya parkir motor Rp2.000 dan mobil Rp5.000. Fasilitas yang ada di Pantai Ngobaran ini lumayan banyak. Seperti tempat parkir, 4 tempat ibadah, kamar mandi dan toilet serta warung dan toko souvenir yang bisa Anda jadikan buah tangan untuk keluarga yang ada di rumah.

Untuk penginapan di sekitar pantai Ngobaran ini belumlah ada. Jika Anda ingin menginap, cari saja penginapan di sekitar pantai Baron. Demikian ulasan mengenai Pantai Ngobaran Yogyakarta. Bila ingin ke sana, Anda juga bisa menggunakan jasa sewa motor yang kami sediakan di Jogja Rental Motor. Enaknya, kendaraan akan diantar ke penginapan Anda.