Tempat wisata di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta sangatlah banyak. Di antaranya ada Candi Boko, Candi Prambanan, Monumen Yogya Kembali, dan masih banyak lainnya. Yogyakarta juga menawarkan keindahan alam, yang di antaranya diwakili oleh wisata alam, seperti Pantai Ngrenehan Yogyakarta.

Pantai Ngrenehan ini masih dalam satu lingkup kawasan dengan pantai Nguyahan dan Ngobaran, yang mana pantai Ngrenehan ada di sekitar 1 kilometer sebelah timur kedua pantai tersebut. Ketika datang bulan purnama di hari raya Nyepi, Pantai Ngrenehan biasa menjadi tempat untuk melakukan upacara Melasti.

Pantai Ngrenehan Yogyakarta, Sejarah dan Keindahannya

Sejarahnya, Pantai Ngrenehan ini namanya berasal dari pemberian Raden Fatah, Raja Demak putra dari seorang Prabu Brawiyaha V. Raden Fatah saat itu sedang mencari Prabu Wijaya, yang membawa kabur kedua istrinya karena tak mau masuk Islam sampai ke pantai ini.

Pantai-Ngrenehan-yogyakartaKetika sampai ke pantai ini, Raden Fatah tak menemukan mereka. Untuk menyukseskan misi pencarian tersebut, Raden Fatah akhirnya membuat diskusi dan mengajak para petinggi kerajaan Demak guna menemukan solusi cara menemukan mereka. Dalam musyawarah ini muncullah kosa kata “Pangrena” yang mempunyai arti ajakan. Kata Pangrena berasal dari kata reneh yang mempunyai arti sini. Kemudian wilayah sekitar pantai ini dinamakan Ngrenehan oleh masyarakat setempat.

Menikmati Indah Pantai dan Lezatnya Makanan Seafood

Pantai Ngrenehan Yogyakarta menawarkan keindahan pesona alamnya yang berpasir putih. Ada juga deretan bukit kapur dan bebatuan karang yang turut menghiasi pantai Ngrenehan.

Pantai Ngrenehan juga terkenal akan makanan seafood-nya yang menggugah selera. Anda bisa mencicipi berbagai makanan seafood di sini. Karena di pantai ini banyak para nelayan yang menambatkan perahunya berjejer rapi di tepi pantai. Selain itu, para melayan juga memperjual-belikan hasil tangkapan mereka di tempat-tempat pelelangan ikan.

Waktu yang tepat bagi Anda penggemar seafood, jika ingin mengunjungi dan merasakan makanan seafood ala pantai Ngrenehan, adalah pada bulan antara Sepetember-Desember. Karena di bulan-bulan ini adalah waktu yang kira-kira musim banyaknya ikan.

Bermain-main di Pantai Ngrenehan Yogyakarta

Pantai-Ngrenehan-yogyakarta

Selain ramai dengan nelayannya, pantai Ngrenehan juga menjadi tempat yang amat untuk berenang. Karena ombaknya cukup tenang dan tak terlalu tinggi, Anda bisa membiarkan anak-anak untuk bermain air atau bahkan berenang di tepian pantai. Ombak yang tenang di pantai Ngrenehan disebabkan pantai ini dikelilingi bukit, diapit dua bukit tepatnya dan juga terdapat bebatuan yang cukup besar untuk bisa meredam gelombang laut sehingga menjadi tenang.

Lokasi dan Rute Menuju ke Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan berlokasi di Desa Kanigoro, Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya, Anda bisa menuju sekitar 30 km sebelah selatan dari kota Wonosari.

Dari arah Yogyakarta, Anda bisa menuju ke arah Wonosari terus saja hingga Pasar Trowono. Setelah itu menuju ke arah selatan untuk menuju ke Kanigoro Saptosari. Setelah itu Anda bisa mengikuti petunjuk jalan yang banyak bermunculan di jalan raya.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Tak perlu khawatir soal harga masuk ke Pantai Ngrenehan Yogyakarta ini, Anda cukup merogoh kocek dangkal saja. Harga tiket masuknya hanya sebesar Rp3.000 untuk pengendara motor dan parkir mobil Rp5.000 serta Rp15.000 untuk parkir bis.

Jika lapar, Anda bisa membeli makanan di warung dan toko yang ada di sekitar pantai. Harganya pun cukup murah, untuk satu porsi ikan-ikan segar, cukup Rp15.000 saja. Fasilitas lainnya yang ada di pantai Ngrenehan antara lain sebagai berikut: masjid, kamar mandi umum, tempat pelelangan ikan, dan tempat parkir kendaraan serta berderet-deret warung makan yang ada di pinggir pantai.

Di pantai yang hanya memiliki luas sekitar 100 meter persegi ini tak menyediakan penginapan dan aliran listrik karena memang tempatnya agak terpencil. Nah, itulah ulasan singkat mengenai pesona indah dan alaminya Pantai Ngerehan Yogyakarta yang tak jauh dari Pantai Ngobaran dan Nguyahan. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke pantai ini dan tak mempunyai kendaraan atau bingung, sekarang Anda bisa menyewa jasa sewa motor yang tersedia di Yogyakarta, seperti yang kami tawrkan di Jogja Rental Motor.