Indonesia merupakan negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Dengan beribu-ribu pula, tentu juga banyak pantai yang ada di Indonesia. Salah satu daerah yang memiliki banyak pantai indah adalah Yogyakarta yang punya kabupaten terkenal, Gunungkidul. Daerah Gunungkidul dulunya terkenal tandus dan gersang, identik dengan kemiskinan. Namun kini terbukti bahwa Gunugkidul punya pesona pantai yang layak jual. Salah satu pantai itu adalah wisata Pantai Nguyahan Yogyakarta.

Konon katanya, wisata Pantai Nguyahan Yogyakarta ini di zaman kolonial Belanda sering dijadikan tempat untuk memproduksi garam. Dalam bahasa Jawa, garam berarti uyah. Oleh karena itu pantai ini diberi nama Nguyahan atau tempat pembuatan uyah.

Pantai Nguyahan merupakan tempat wisata yang cukup ramai, baik weekday maupun weekend. Pantai yang berada di Gunungkidul ini sangatlah bagus dan menyejukkan mata. Pemandangan indah pantai dan hijaunya gunung di sebelahnya merupakan keindahan tersendiri pantai ini. Untuk informasi lebih lanjut, simak ulasan berikut:

Pemandangan Indah nan Alami di Pantai Nguyahan Yogyakarta

Pesona pemandangan indah memang selalu memikat mata dan hati. Pesona dan keindahan itu kerap kali ditunjukkan oleh pantai. Salah satu pantai yang masih memiliki pemandangan yang alami dan bersih adalah pantai Nguyahan.

pantai-nguyahan-yogyakarta

Pantai Nguyahan memiliki daya tarik tersendiri dengan keadaan alamnya yang indah. Keindahan itu disusun oleh beberapa aspek. Pertama, wisata pantai Nguyahan memiliki pasir yang berwarna putih. Tentu tak banyak pantai yang menawarkan keindahan pasir putih, bukan? Nah, bagi Anda yang punya rasa penasaran dan ingin melihat pasir putih pantai, Pantai Nguyahan ini bisa menjadi sebuah pilihan yang tepat.

Pantai Nguyahan juga cukup dangkal, sehingga aman untuk pengunjung yang ingin sekedar bermain air ataupun berenang di bibir pantai. Di pantai juga ada karang yang membentang luas, jika Anda penasaran dengan keindahan karang dan ikan-ikan kecil yang menari-nari di antara bebatuan karang, Anda bisa ke Pantai Nguyahan ini.

Berburu Foto dan Memancing Di Pantai Nguyahan

pantai-nguyahan-yogyakarta

Tak hanya pasir putih, dangkalnya pantai dan bebatuan karang, pantai Nguyahan juga sangat gemar dijadikan tempat untuk memancing oleh para warga setempat saat air lautnya surut.  Dan, Pantai Nguyahan memiliki beberapa bukit besar dan tinggi. Karena itu sangat cocok untuk dijadikan tempat mengambil foto sebagai kenangan atau untuk Anda bagikan ke media sosial milik Anda.

Lokasi dan Rute ke Pantai Nguyahan Yogyakarta

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke pantai Nguyahan ini, Anda bisa menuju ke lokasi pantai yang ada di Desa Kanigoro, Sapto Sari, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Anda bisa mengambil rute, dari Yogyakarta ke arah Piyungan lanjut ke Patuk dan Gading, setelah itu belok kanan ke arah Playen-Paliyan dan teruskan ke Pasar Trowono lanjut ke Kanigoro dan menuju ke Pantai Nguyahan.

Atau bisa juga memilih melewati jalur lain berikut ini. Dari Yogyakarta, Anda harus menuju ke Bantu kemudian Parangtritis lalu lanjut ke Panggang. Dari Panggang, meneruskan perjalanan ke Saptosari dan lalu Pasar Trowono ke Kanigoro dan ikuti petunjuk arah menuju Pantai Nguyahan.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Pantai Nguyahan

Bagi Anda yang ingin ke pantai ini dan hanya memiliki bujet kecil, tak perlu risau karena harga tiket masuk ke wisata Pantai Nguyahan Yogyakarta cukup murah. Hanya sebesar Rp5.000 saja per orang. Dengan harga yang sangat murah ini, Anda bisa menikmati indahnya pesona alam dan pantai Nguyahan. Pantai ini sudah memiliki beberapa fasilitas, di antaranya adalah musala, tempat parkir, kamar mandi, warung makan, area camping dan juga tempat istirahat serta fasilitas lainnya.

Nah, demikianlah ulasan singkat mengenai pesona alam dan keindahan pasir pantai yang berwarna putih di wisata Pantai Nguyahan Yogyakarta. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke sana dan masih bingung untuk mencari jalan serta rute, kami punya saran dan tips bagi Anda. Anda bisa menggunakan jasa sewa motor yang ada di Yogyakarta, dan Jogja Rental Motor adalah layanan kami yang paling direkomendasikan. Jadi, Anda tak perlu repot-repot lagi. Cukup mudah, bukan? Tunggu apalagi?