Pantai Parangtritis Yogyakarta adalah objek wisata pantai yang paling terkenal di Yogyakarta. Ini lantaran Parangtritis identik dengan kisah-kisah misteri dan mitos yang berkembang di masyarakat selain keindahan panorama alamnya. Pasir di Pantai Parangtritis berwarna cokelat kehitaman seperti pantai-pantai lain di pesisir selatan Yogyakarta.

Daya Tarik Pantai Parangtritis Yogyakarta

Parangtritis tak hanya menawarkan keindahan laut dan pantai yang memanjakan mata. Banyak objek lain yang tidak kalah memesona dan tidak bisa ditemukan di tempat lain. Ciri khas Pantai Parangtritis Yogyakarta adalah ombak yang besar dan terkenal ganas. Ketika musim kemarau, angin bertiup lebih kencang dan ketinggian ombak dapat mencapai 2-3 meter. Oleh karena itu, pengunjung tidak diperbolehkan berenang di pantai ini.

Pantai Parangtritis Yogyakarta

Selain hamparan pasir dan lautan dengan deburan ombaknya, Pantai Parangtritis Bantul mempunyai beberapa daya tarik lain seperti:

  • Gumuk Pasir

Di Parangtritis terdapat gumuk pasir atau gundukan pasir yang terbentuk dari hembusan angin. Keindahan tempat ini menyerupai gurun pasir di Timur Tengah sehingga menarik untuk dijadikan lokasi pemotretan atau rekaman video.

  • Air Terjun

Di sisi timur pantai terdapat air terjun musiman yang hanya mengalir pada musim hujan. Ketika musim kemarau debitnya sangat kecil, bahkan bisa mengering. Lokasi ini biasa dijadikan tempat bermain air atau sekadar berfoto oleh pengunjung.

  • Pantai Parangkusumo

Jika Anda berjalan ke arah barat dari Pantai Parangtritis, akan menjumpai Parangkusumo. Pantai Parangkusumo merupakan lokasi untuk ritual labuhan atau melarung sesaji ke laut pada waktu tertentu.

  • Watu Gupit

Watu Gupit merupakan nama sebuah landasan paralayang yang tak jauh dari Tebing Parangndog. Dari Watu Gupit, Anda dapat melihat keseluruhan pantai sampai ke cakrawala. Tempat ini adalah salah satu spot favorit untuk menyaksikan matahari tenggelam.

  • Tebing Parangndog

Tebing Parangndog berada di sisi timur Pantai Parangtritis. Tebing karst tersebut menjadi tempat berkumpul pada pemanjat karena tantangan yang ditawarkannya. Selain itu, dari atas tebing Anda dapat melihat lautan luas yang terbentang indah.

  • Gua Langse

Di kaki tebing sebelah timur Parangtritis terdapat gua yang indah bernama Gua Langse. Anda harus naik bukit dan menuruni tangga yang curam untuk sampai ke tempat tersebut.

Jika Anda hanya ingin bermain-main di sekitar Pantai Parangtritis Yogyakarta saja pun tak mengapa. Anda dapat menyewa payung dan tikar untuk duduk bersantai di hamparan pasir sambil menikmati hembusan angin, eloknya pemandangan, dan aktivitas wisatawan lain.

Kegiatan lain yang dapat dapat dilakukan di pantai seperti bermain voli pantai, bermain pasir, atau layang-layang. Boleh juga menaiki delman dan ATV yang disewakan oleh pengelola. Ketika sore Anda dapat menikmati jagung bakar dan wedang ronde yang dijual di pinggir pantai.

Legenda dan Mitos Terkait Parangtritis

Nama Parangtritis diberikan kepada pantai ini dari sebuah legenda. Ketika zaman Kerajaan Majapahit ada seorang pelarian bernama Dipokusumo yang melakukan semedi di pantai. Ia melihat air yang menetes (tumaritis) dari celah-celah batu karang (parang) sehingga pantai tersebut diberi nama Parangtritis, artinya air yang menetes dari batu karang.

Pantai Parangtritis Yogyakarta

Mitos lain yang terkenal yaitu kisah kerajaan laut selatan yang dikuasai oleh Nyi Roro Kidul. Beredar juga larangan memakai baju dan benda-benda berwarna hijau ketika berada di pantai. Konon Nyi Roro Kidul menyukai warna hijau sehingga pengunjung yang memakai baju berwarna hijau akan diseret ke laut dan dijadikan pengikutnya.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Objek wisata Pantai Parangtritis Yogyakarta dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Bantul. Mereka menyediakan fasilitas lengkap untuk wisatawan. Seperti hotel dan penginapan di sekitar pantai, toko dan gerai souvenir khas Yogyakarta, toko kelontong, dan warung makan. Tidak lupa fasilitas dasar seperti tempat parkir dan kamar mandi, musala dan gazebo di tepi pantai.

Masuk ke kawasan wisata, Anda harus membayar tiket masuk Rp3.000 per orang, motor Rp1.000 dan mobil Rp5.000. Dan tarif parkir Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Sementara untuk sewa ATV mulai Rp50.000 dan sewa kuda mulai Rp20.000.

Rute Menuju ke Lokasi

Pantai Parangtritis berada di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jaraknya sekitar 27 km dari  pusat kota Yogyakarta. Anda dapat melalui dua jalur untuk sampai ke lokasi. Jalur pertama yaitu Yogyakarta kemudian melewati Jalan Parangtritis menuju Kretek lalu ke Parangtritis. Sementara jalur kedua yaitu lewat Imogiri kemudian Parangtritis.

Menggunakan kendaraan pribadi ke Pantai Parangtritis Yogyakarta akan sangat mempermudah perjalanan Anda. Namun, jangan khawatir jika tidak membawa kendaraan. Kami menyediakan layanan sewa di Jogja Rental Motor. Hubungi kami untuk mendapatkan servis terbaik dengan harga bersahabat.