Pantai selalu menjadi pilihan alternatif wisatawan untuk menghabiskan waktu sekedar melepas penat. Keindahannya mampu menghipnotis setiap mata yang memandang, deburan ombak pantai, air laut yang berwarna hijau kebiruan, dan semilir anginnya yang menyegarkan. Masih seputar pantai di Gunung Kidul, kali ini terdapat pantai yang tidak kalah indah dari pantai indrayanti yaitu Pantai Pok Tunggal  Yogyakarta.

Pantai Pok Tunggal  merupakan surga tersembunyi lain dari Gunung Kidul. Pemandangan yang dihadirkan begitu indah dan masih sangat alami. Pantai ini tergolong objek wisata baru yang diresmikan pada tahun 2012. Meskipun begitu pengunjung pantai selalu bertambah setiap tahunnya. Memang tidak mengherankan, karena Pantai Pok Tunggal  mempunyai hamparan pasir putih bersih, serta air laut berwarna biru yang membentang.

Banyak keunikan yang akan Anda dapatkan saat berkunjung ke Pantai Pok Tunggal . Lalu apa sajakah keunikannya? berikut ini beberapa info sepuar wisata Pantai Pok Tunggal Yogyakarta sebagai referensi liburan Anda.

Keunikan dan Keindahan Pantai Pok Tunggal Yogyakarta

Nama pok tunggal pada pantai ini lantaran adanya sebuah pohon yang bernama pohon duras. Asal muasal nama pok tunggal yaitu pohon yang diartikan sebagai pokok dan pohon yang hanya berjumlah satu sehingga disebut tunggal. Pohon cukup besar yang berada di bibir pantai ini konon katanya sangat sulit tumbuh di daerah pesisir Gunung Kidul. Apabila Anda penasaran, Anda dapat berkunjung ke Pantai Pok Tunggal  untuk melihat pohon duras.

Pantai dengan Dua Tebing yang Menjulang Eksotis

Pesona lain dari Pantai Pok Tunggal  terletak pada tebing-tebing di sekitar pantai yang menambah eksotis pemandangan pantai. Tebing tersebut sangat cocok untuk menantang adrenalin Anda, telebih lagi jika Anda penyuka olahraga ekstrem panjat tebing. Hanya saja di Pantai Pok Tunggal  belum tersedia peralatan panjat tebing seperti di Pantai Siung.

Keindahan Sunset yang Romatis

Pantai-Pok-Tunggal-yogyakarta

Apakah Anda ingin berburu sunset yang indah? jika iya, Pantai Pok Tunggal  bisa menjadi alternatif yang cocok bagi Anda. Selain air lautnya yang biru, ombak cukup besar yang menghantam karang, pasir putih yang membentang, pantai ini juga memiliki pemandangan sunset yang sangat indah. Anda bisa menghabiskan senja romatis Anda dengan menikmati keindahan sunset dibawah pohon duras.

Tempat Camping dan Spot Foto yang Ciamik

Pantai-Pok-Tunggal-yogyakarta

Apabila anda berkunjung ke Pantai Pok Tunggal, jangan sampai lupa mengabadikan momen plesiran Anda. Pantainya yang panjang dengan pasir putih membentang ditambah bukit yang menjulang menjadi spot foto yang diburu wisatawan. Selain itu, apabila anda ingin bermalam di pantai, anda diperbolehkan untuk camping di sekitar pantai dengan menyewa tenda dome sebesar Rp60.000 saja.

Lokasi, Akses Jalan dan Rute Pantai Pok Tunggal  Yogyakarta

Pantai Pok Tunggal  Yogyakarta berlokasi tidak jauh dari pantai indryanti yaitu di Desa Temus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Akses menuju Pantai Pok Tunggal  sudah cukup bagus, hanya saja dibeberapa kilometer mendekati pantai Anda akan menemui jalanan yang cukup kecil dan berliku. Untuk transportasinya Anda bisa menggunaka jasa rental motor yang banyak tersedia di Jogja.

Dari pusat kota anda akan menempuh jarak sekitar 70 km atau sekitar 2 jam menggunakan kendaraan pribadi, tergatung rute yang akan Anda gunakan. Untuk rute Yogyakarta-Piyungan, Anda bisa menuju arah Patuk – Sambipitu – arah Hutan Bunder – Gading – Logandeng – Siyono – Bundaran Tugu BPD – Jl. Kyai Legi. Dari jalan tersebut Anda menuju Jl. Lingkar Selatan-Jl. KRT Djojodiningrat, Jl. Girisubo-Jl-Saptosari menuju Tepus.

Dari arah Yogyakarta-Imogiri Anda bisa menuju ke arah Panggang – Jl. Saptosari – Tepus arah ke pantai Baron. Dari arah pantai baron, belok kiri menuju arah pantai indrayanti, dari situ Anda bisa mengikuti petunjuk arah yang sudah disediakan. Jika Anda masih bingung, Anda bisa menggunakan aplikasi google maps di ponsel Anda.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas yang Disediakan

Untuk menikmati keindahan pantainya, wisatawan domestik mapun lokal dibebankan biaya tiket masuk sebesar Rp10.000. Di dalam, Anda bisa menikmati beberapa fasilitas seperti warung makan di pinggir pantai. Selain itu anda juga bisa menyewa gazebo dan payung dengan membayar Rp20.000 saja.

Apabila Anda ingin bermalam dan melakukan camping, Anda bisa reservasi tempat dengan harga Rp5.000 – Rp10.000 dan menyewa tenda dome sebesar Rp60.000. Fasilitas lain seperti toilet, tempat parkir dan mushola juga tersedia di pantai ini.

Itulah sedikit ulasan tentang Pantai Pok Tunggal Yogyakarta semoga bisa memberikan manfaat bagi Anda yang hendak berkunjung kesana. Untuk mempermudah, Anda bisa menggunakan jasa rental motor Jogja, salah satunya di Jogjarentalmotor.com. Dijamin liburan Anda akan lebih menyenangkan.