Pantai Sadeng Yogyakarta merupakan salah satu wisata pantai yang memiliki keindahan pantai yang menakjubkan. Objek wisata ini masih terletak di kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Pantai ini menjadi salah satu buruan wisatawan lokal maupun mancanegara karena keindahan pantainya dan spot memancingnya.

Bahas Tuntas Keindahan Pantai Sadeng Yogyakarta

Pantai Sadeng Yogyakarta mempunyai sejarah yang cukup unik. Dulunya Pantai Sadeng merupakan tempat bermuaranya sungai bengawan Solo. Akan tetapi karena adanya pergeseran lempeng Australia yang menghantam lempeng Pulau Jawa, muara sungainya pun bergeser. Di Pantai Sadeng terdapat beberapa aktivitas yang dapat dilakukan oleh wisatawan. Sehingga Anda tidak akan merasa jenuh dan bosan berlama-lama di pantai ini.

Pantai-Sadeng-yogyakarta-sewa-motor-malioboro

Anda juga dapat melihat aktivitas para nelayan yang hendak berangkat mencari ikan serta pemandangan perahu yang terparkir di pelabuhan. Berikut ini informasi tentang Pantai Sadeng Yogyakarta yang dapat menjadi referensi liburan akhir pekan Anda.

Bermain Air Bisa Jadi Lebih Menyenangkan

Sebagai pengisi liburan, Anda bisa berkunjung ke Pantai Sadeng. Anda bisa menghabiskan waktu dengan bermain air di tepi pantai. Airnya yang jernih ditambah pemandangan dari pasirnya yang putih dan keindahan eksotis dari batu karang serta batuan cadas membuat Anda betah berlama-lama di sana.

Surga Bagi Pemancing Ikan

Pantai-Sadeng-yogyakarta-sewa-yamaha-nmax-jogja

Apabila Anda memiliki hobi memancing, berkunjung ke Pantai Sadeng menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Pantai Sadeng merupakan spot terbaik untuk memancing ikan. Di pantai ini terdapat beberapa jenis ikan yang bisa Anda dapatkan, seperti ikan kakap, ikan tuna dan ikan kerapu.

Menurut penuturan beberapa orang lokasi paling menarik untuk memancing berada di tepi dermaga, sementara itu jika Anda ingin mendapatkan sensasi yang lebih menyenangkan. Anda bisa menyewa perahu pada nelayan, dan biasanya nelayan akan mengantarkan Anda ke tengah laut untuk mencari spot terbaik untuk memancing.

Spot Foto Terbaik Berlatar Mercusuar

Pantai Sadeng juga memiliki beberapa mercusuar yang sampai saat ini masih digunakan oleh nelayan di malam hari sebagai penunjuk arah. Anda pun bisa memanfaatkan mercusuar tersebut sebagai spot pilihan untuk mengabadikan momen Anda berlibur di Pantai Sadeng. Saat malam hari pun pantai ini masih cukup ramai sehingga Anda juga bisa mengunjunginya saat malam sembari menikmati keindahan pantai dari atas mercusuar.

Menikmati Kuliner Ikan yang Sedap

Setelah lelah menikmati keindahan pantainya, memancing dan berfoto-foto. Anda dapat beristirahat sambil meikmati kuliner ikan laut yang segar di beberapa warung makan yang tersedia di pinggir pantai. Namun, Anda juga bisa langsung membeli ikan segar dari para nelayan dan meminta tolong warga setempat untuk memasaknya, Anda hanya perlu memberikan sejumlah uang untuk jasa memasaknya.

Lokasi, Akses Jalan dan Rute Pantai Sadeng

Pantai Sadeng berlokasi di Desa Pucung, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta Pantai Sadeng berjarak sekitar 80 km dan dapat ditempuh selama 2 jam perjalanan.

Akses jalan menuju Pantai Sadeng sudah cukup bagus, hanya saja Anda tetap harus berhati-hati karena jalanannya yang naik turun. Untuk kenyamanan sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi atau jika Anda berasal dari luar kota. Anda dapat memanfaatkan jasa rental motor yang ada di Yogyakarta.

Untuk sampai di Pantai Sadeng berikut ini rute alternatif yang dapat dapat Anda lalui. dari arah pusat kota Yogyakarta, arahkan kendaraan Anda menuju ringroad jalan Wonosari, dari sana Anda bisa menuju ke arah piyungan. Dari piyungan Anda bisa menuju Patuk, lalu Sambipitu, dari Sambipitu arahkan ke Gading-Siono, lalu ambil kanan menuju jalan Baron. Dari jalan Baron arahkan menuju Tepus, dari Tepus belok kiri menuju Sadeng.

Jika Anda merasa bingung, Anda bisa memanfaatkan aplikasi google maps di ponsel Anda. Dan bertanya pada masyarakat sekitar, Mereka akan menunjukkan jalan menuju Pantai Sadeng dengan jelas. Jangan pernah malu untuk bertanya agar tidak tersesat di jalan.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Pantai Sadeng

Sesampainya di Pantai Sadeng, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp5.000,00 perorang baik wisatawan lokal maupun asing. Jika ingin menyewa kapal, Anda perlu merogoh kocek cukup besar sekitar Rp300.000,00-Rp3.000.000,00 untuk kapal sedang.

Fasilitas umum yang tersedia di Pantai Sadeng sudah cukup lengkap, seperti musala, toilet, tempat parkir, dan warung makan. Apabila Anda ingin meniginap, di Pantai Sadeng juga tersedia beberapa penginapan dengan pilihan harga yang bervariasi.

Demikian beberapa info seputar Pantai Sadeng Yogyakarta, semoga bisa menjadi panduan Anda untuk berlibur. Untuk mode transportasi selama berlibur, Anda bisa memanfaatkan jasa rental motor jogja. Anda bisa mengaksesnya di jogjarentalmotor.com dan dapatkan penawaran yang menarik.