Jika Anda ingin ke Pantai Kuta, Bali, namun tak memiliki biaya untuk pergi ke sana. Tenang saja, kini Anda juga bisa merasakan indahnya pantai Kuta Bali ala Yogyakarta. Pantai Sepanjang Yogyakarta, menawarkan keindahan pantai yang tak kalah indahnya.

Pantai yang baru saja dibuka untuk umum oleh pemerintah kota Gunungkidul ini masih sangat alami. Air lautnya sangat jernih dan tampak biru nan indah, garis pantainya juga merupakan yang terpanjang di antara deretan beberapa pantai yang ada di Yogyakarta. Pantai ini juga memiliki pasir yang berwarna putih dan ombak yang sedang. Sangat cocok untuk bermain selancar ataupun menaiki spead boat. Lebih jelasnya, simak ulasan mengenai Pantai Sepanjang Yogyakarta berikut ini:

Menikmati Indahnya Pantai Kuta di Yogya

Seperti suasana pantai Kuta, Bali, Anda bisa menikmati indahnya Pantai Sepanjang yang masih sangat asri. Pepohonan yang berjajajar rapi di sepanjang bibir pantai meneduhkan suasana.

Pantai-Sepanjang-yogyakarta

Banyak karang dan biota laut yang ada di Pantai Sepanjang ini menambah keindahannya. Anda bisa menemukan beberapa biota laut seperti kerang, ikan kecil, anggang laut, bulu babi, alga, dan bintang laut.

Biasanya mereka dapat ditemui ketika air laut sedang pasang. Banyak penduduk setempat yang memanfaatkan momen itu untuk mencari kerang dan biota laut lainnya untuk dijadikan santapan ataupun dijual kepada pengunjung pantai Sepanjang.

Beraktifitas di Pantai Sepanjang Yogyakarta

Pantai-Sepanjang-yogyakarta

Beberapa aktifitas yang bisa dilakukan di Pantai Sepanjang ini di antaranya adalah bermain air, mencari kerang atau biota laut lain saat air laut sedang surut, menyusuri bibir pantai yang panjang, dan berfoto ria.

Anda juga bisa menikmati keindahan sunset ketika berada di Pantai Sepanjang ini. Selain itu, ada situs wisata di pantai terpanjang di Gunungkidul ini yang bernama Banyusepuh. Di dekat pantai ini, Banyusepuh dulunya dijadikan tempat oleh para wali untuk membasuh pusaka yang kini menjadi salah satu tujuan wisatawan yang mengunjungi pantai Sepanjang. Hanya saja situs ini sudah tidak terawat dan tak mendapat perhatian lagi.

Lokasi dan Rute Menuju ke Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang berlokasi di desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Untuk menuju ke pantai ini, jika Anda dari Yogyakarta, bisa menuju ke arah Wonosari kemudian lurus untuk mengambil jalan ke arah timur dan ikuti petunjuk jalan untuk menuju Pantai Sepanjang.

Pantai Sepanjang ini berdekatan jaraknya dengan pantai Drini dan Pantai Kukup. Sekitar 1 km saja dari kedua pantai yang ada di sebelah barat dan timur dari pantai Sepanjang.

Harga Tiket, Jam Buka dan Fasilitas di Pantai Sepanjang

Untuk menikmati keasrian dan keindahan pesona sunset serta pasir putih Pantai Sepanjang, Anda hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp10.000 saja per orang. Dan biaya parkir motor sebesar Rp3.000 dan parkir mobil sebesar Rp5.000 saja. Cukup murah, bukan?

Fasilitas yang ada di Pantai Sepanjang di antaranya adalah kamar mandi, tempat parkir, tempat indah berupa masjid, toko souvenir untuk membeli oleh-oleh khas Pantai Sepanjang dan Gunungkidul. Di toko suvenir ini Anda bisa membeli kerajinan tangan yang berasal dari kerang-kerang yang ada di Pantai Sepanjang.

Jam operasional wisata Pantai Sepanjang Yogyakarta ini mulai dibuka pada pukul 06.00-22.00 WIB. Untuk itu, bagi Anda yang ingin menikmati sunset dan keindahan alam pada malam hari di pantai ini tak perlu khawatir. Anda masih bisa bersantai sampai jam 22.00 malam.

Destinasi wisata pantai di deretan Gunungkidul dan wilayah Yogyakarta lainnya tak akan habis dibahas dengan berbagai macam ulasan mengenai keindahan, kemistisan dan pesona alamnya yang menarik hati para wisatawan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Pantai Sepanjang Yogyakarta yang merupakan pantai dengan bibir pantai terpanjang di wilayah Gunungkidul. Anda juga bisa memanfaatkan jasa sewa motor untuk menuju ke Pantai Sepanjang ini. Cek halaman Jogja Rental Motor, pesan pilihan Anda, dan kendaraan akan diantar ke penginapan Anda selama di Jogja.