Pantai di pesisir Gunung Kidul selalu memamerkan panoramanya yang menakjubkan. Tidak mengherankan jika pantai-pantainya selalu ramai wisatawan baik saat musim liburan maupun tidak. Salah satu surga tersembunyi yang berada di Gunung Kidul yaitu Pantai Siung Yogyakarta. Pantai ini memiliki keindahan alam dan tebing karang yang menggoda untuk olahraga ekstrem panjat tebing.

Sayangnya Pantai Siung tidak begitu ramai dibandingkan pantai-pantaai lain di Gunung Kidul. Namun panorama pantainya dapat diacungi jempol dan tidak kalah dengan keindahan pantai lain di Gunung Kidul.

Asal muasal nama Pantai Siung lantaran batuan karang di pantai ini menyerupai gigi taring monyet. Dalam bahasa Jawa disebut siung monyet, dari situlah tercipta nama Pantai Siung. Selain itu menurut masyarakat, sesekali monyet ekor panjang pun terlihat berkeliaran di pinggiran pantai untuk mencari makan. Untuk mengetahui keseruan apa saja yang dapat anda nikmati, berikut ulasan tentang Pantai Siung Yogyakarta untuk Anda.

Keindahan Pantai Siung Yogyakarta, Dari Pasir Hingga Camping

Pantai-Siung-yogyakarta-sewa-motor-jogja-stasiun-tugu

Pantai Siung merupakan objek wisata pantai yang masih sangat alami dan belum banyak tersentuh oleh tangan-tangan jahil manusia. Apabila Anda tidak menyukai kegiatan ekstrem, Anda bisa menggelar tikar dan bersantai di tepi pantai berpasir putih dengan orang terkasih. Suasana yang hening ditambah nyanyian ombak menghantam karang akan membuat Anda menjadi lebih rileks.

Wahana Panjat Tebingnya yang Mendunia

Apabila Anda bosan dengan aktivitas di pinggir pantai yang itu-itu saja. Anda perlu mencoba wahana panjat tebing yang pastinya akan memacu adrenalin Anda. Terlebih jika Anda pecinta olahraga ekstrem, tentu saja wahana panjat tebing yang ada di Pantai Siung ini cocok untuk Anda taklukkan.

Wisata panjat tebing di Pantai Siung  sudah terkenal sejak lama dan bahkan mendunia. Selain itu spot panjat tebing di pantai ini digadang-gadang merupakan spot terbaik untuk panjat tebing di Indonesia. Spot panjat tebing di Pantai Siung tidak hanya satu melainkan sudah mencapai 250 spot yang dapat Anda coba satu persatu.

Olahraga panjat tebing tingkat nasional dan internasional sering diadakan di Pantai Siung. Hal tersebut dikarenakan medannya yang cukup menantang dan mempunyai kesulitan yang berbeda-beda.

Bermalam di Camping Ground dan Rumah Kayu yang Nyaman

Apabila Anda berencana untuk menginap bersama teman-teman Anda, pengelola pantai ini memperbolehkan wisatawan untuk mendirikan tenda di camping ground dengan mematuhi beberapa peraturan. Anda bisa menikmati api unggun di pinggir pantai ditemani alunan ombak pantai dan gemerlap bintang di langit.

Selain camping ground, Anda juga bisa menginap di rumah kayu yang tersedia di Pantai Siung. Tempatnya cukup luas sehingga mampu menampung sekitar 10-15 orang. Dari rumah kayu Anda tetap bisa menikmati panorama pantai yang indah dan suara ombak yang menghantam karang.

Spot Foto yang Keren

Pantai-Siung-yogyakarta-sewa-motor-jogja-stasiun-tugu

Pantai Siung juga sering digunakan untuk melakukan sesi pemotretan prewedding maupun berburu spot-spot keren sebagai koleksi pribadi.  Perpaduan alam pantai yang indah dan tebing-tebing yang menjulang tinggi membuat hasil foto Anda terlihat lebih eksotik dan mengagumkan. Jadi tidak heran jika Pantai Siung menjadi salah satu buruan fotografer.

Lokasi, Akses Jalan dan Rute Pantai Siung Yogyakarta

Pantai Siung terletak di Dusun Wates, masuk Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Dari pusat kota menuju pantai kurang lebih menempuh jarak sekitar 77 km. Akses menuju pantai  sudah cukup baik karena jalanan sudah beraspal, tapi Anda tetap harus waspada karena banyak melewati tikungan dan tanjakan.

Untuk memudahkan perjalanan, lebih baik Anda menggunakan kendaraan pribadi mobil atau motor. Rute yang dapat Anda ambil dari pusat kota Jogja yaitu mengambil jalur jalan Wonosari menuju ke daerah tepus dan Anda akan diarahkan oleh petunjuk jalan menuju Pantai Siung. Dari Yogyakarta Anda akan menempuh perjalanan selama 2 jam lamanya.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Pantai Siung Yogyakarta

Untuk menikmati keindahan yang disuguhkan Pantai Siung, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp10.000,00. Tiket tersebut sekaligus bisa mengakses dua pantai lainnya yaitu pantai jogan dan pantai nglambor. Untuk biaya parkir kendaraan Anda akan dikenakan biaya Rp5.000,00-Rp10.000,00.

Fasilitas di pantai ini sudah cukup lengkap seperti lahan parkir, tempat makan, musala dan toilet. Namun sayangnya pantai ini belum menyediakan penginapan bagi wisatawan. Akan tetapi Anda tetap bisa bermalam jika ingin, dengan menyewa tenda atau rumah panggung yang disediakan.

Itulah sedikit info tentang wisata Pantai Siung Yogyakarta, semoga dapat menjadi bahan referensi Anda ketika ingin berkunjung ke Pantai Siung. Untuk mempermudah liburan, Anda bisa memanfaatkan transportasi motor dari layanan Jogja Rental Motor. Selain berpengalaman, layanannya juga memuaskan. Selamat berwisata.