Kota Gudeg, Yogyakarta, memiliki berbagai kuliner yang terkenal dan bermacam kebudayaan serta kesenian. Layaknya kerajinan gerabah, kerajinan perak, kerajinan kulit manding dan masih banyak lainnya. Tak luput pula, Yogyakarta menawarkan keindahan alamnya seperti gua, candi, hutan, kebun, gunung dan pantai. Salah satu wisata pantai yang ada adalah Pantai Sundak Yogyakarta.

Pantai dengan pemandangan alam yang indah dan asyik ini memiliki sebuah cerita. Nama Pantai Sundak berasal dari perkelahian antara asu (anjing dalam bahasa Jawa) dengan landak laut yang terjadi di sebuah gua batu karang. Perkelahian tersebut berlangsung di sebuah gua yang ada di dekat pantai. Simak ulasan berikut mengenai Pantai Sundak Yogyakarta.

Menikmati Pesona Pantai Sundak Yogyakarta

Pantai-Sundak-yogyakarta

Pantai Sundak memiliki pesona alam yang cantik. Pasirnya berwarna putih dan ombaknya biru bersih membuat Pantai Sundak menjadi salah satu destinasi wisata yang patut dikunjungi. Di bibir pantai sejuah 40 meter masih kedalaman pantainya masih dangkal karena ada bebatuan karang yang menjadi rumah bagi beberapa biota laut.

Sebelum namanya menjadi Pantai Sudak, nama yang terkenal adalah Pantai Wedibedah. Nama ini disebabkan karena ketika musim hujan, debit air naik dan munuju ke laut. Karena hal ini, wilayah daratan yang ada di sebelah timur pantai akan membedah pasir yang menyerupai bentuk sungai. Dalam bahasa Jawa, membedah air berarti mbedah wedi. Inilah asal-usul dari nama lain Pantai Sundak.

Jika di kebanyakan pantai pengunjung bisa melakukan renang, surfing dan snorkeling, di Pantai Sundak tidak disarankan kegiatan tersebut. pasalnya ombak di Pantai Sundak cukup kuat dan besar. Oleh karena itu pengunjung tidak diperkenankan untuk berenang dan harus waspada karenanya.

Tenang saja, meskipun tidak bisa berenang, surfing dan snorkeling, pengunjung masih bisa melakukan kegiatan lain di Pantai Sundak. Di antaranya duduk bersantai di beberapa pondokan yang tersedia di tepi pantai. Pengunjung juga bisa menikmati indahnya lautan dengan memakan cemilan atau minuman yang bisa dibeli di warung makan terdekat.

Pantai-Sundak-yogyakarta

Karena tak bisa berenang, pengunjung tetap diperbolehkan bermain air di tepi pantai. Tapi, jangan sampai ke tengah karena ada ombak yang besar. Awasi anak-anak untuk selalu berada di dekat orang dewasa agar tidak hanyut bersama ombak yang datang menerjang.

Bermain pasir menjadi pilihan yang bagus untuk pengunjung. Pasir Pantai Sundak berwarna putih. Tak ada ruginya jika membangun istana pasir atau melakukan kegiatan yang bisa dilakukan di atas pasir pantai seperti voli atau sepakbola.

Berfoto di Pantai Sundak sudah menjadi keharusan bagi pengunjung untuk mengabadikan momen. Jangan lupa untuk berfoto ria di sini bersama teman, keluarga dan turis yang mungkin saja mampir ke pantai ini.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Sundak Yogyakarta

Pantai Sundak berada di desa Sidoharjo, Tepus Gunungkidul. Untuk mencapai tempat ini dari pusat kota Yogyakarta, diperlukan waktu kurang lebih selama 2 jam.

Rute menuju pantai bisa langsung menuju ke Pasar Wonosari. Setelah itu langsung menuju ke jalan yang menuju jurusan Pantai Krakal. Pantai Sundak sangat dekat dengan pantai Krakal. Tak perlu takut tersesat di tengah jalan, karena untuk menuju Pantai Sundak Yogyakarta banyak petunjuk jalan yang bertebaran di jalan raya.

Harga Tiket dan Fasilitas di Pantai Sundak Yogyakarta

Untuk menikmati keindahan pantai ini, pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar Rp5.000 per orang saat hari libur besar dan Rp4.000 di hari biasa. Harga yang sangat murah, namun sudah mendapatkan pemandangan alam yang tak bisa dinilai keindahannya.

Fasilitas yang ada di Pantai Sundak antara lain tempat parkir, kamar mandi, dan warung makan. Saat bermain di pantai ini, ada baiknya jika Anda membawa payung dan air mineral dan tidak sendirian ketika bermain di bibir pantai. Mengingat Pantai Sundak memiliki ombak yang cukup besar.

Nah, demikianlah ulasan tentang Pantai Sundak Yogyakarta. Tak perlu bingung jika ingin melakukan perjalanan ke Pantai Sundak. Anda bisa menyewa tranportasi motor di Jogja Rental Motor. Hubungi nomor 0822-6660-6664 via WhatsApp, motor akan segera diantar ke tempat Anda menginap.