Kabupaten Gunung Kidul memang terkenal sebagai surga pantai-pantai yang indah. Hampir semua pantai di kawasan tersebut menjadi incaran wisatawan lokal maupun asing. Pantai Timang Yogyakarta menjadi salah satu tempat wisata yang wajib anda kunjungi. Pantai ini menghadirkan keunikan bagi anda yang ingin menjajal wahana ekstrem dengan panorama pantai yang masih sangat asri.

Pantai Timang merupakan pantai yang sangat ikonik dengan suguhan hamparan pasir putih, karang-karang yang besar ditambah tumbuhan pandan disekelilingnya. Pesona Pantai Timang masih sangat alami, karena lokasinya cukup terpencil sehingga belum banyak mengalami perubahan yang signifikan.

Pada mulanya Pantai Timang terkenal karena banyak nelayan yang mencari lobster. Namun dari waktu ke waktu ternyata pesona pantainya yang unik menarik perhatian para wisatawan untuk berkunjung. Untuk mengetahui keseruan yang bisa Anda nikmati di pantai ini. Berikut ini ulasan mengenai wisata Pantai Timang Yogyakarta untuk Anda.

Wisata Gondala Tua dan Jembatan Gantung Pemacu Adrenalin

Pantai-Timang-yogyakarta-sewa-motor-jogja-malioboro

Selain panoramanya yang indah dipandang mata, Pantaiang juga menghadirkan sebuah wisata ektreme berupa gondala tua atau kereta gantung. Dahulu, gondala ini hanya digunakan oleh para nelayan untuk mencari ikan dan lobster disebuah pulau yang berada di seberang pantai.

Jarak luncur gondala mencapai 50-100 meter, dan berhubung peralatan yang digunakan masih sederhana, sehingga kereta gantung ini hanya mampu menopang berat satu orang saja. Anda akan merasakan sensasi luar biasa saat meluncur diatas air laut Pantai Timang yang sedikit berombak besar. Selain gondala tua, Anda juga dapat menyeberang menggunakan jembatan gantung yang tidak kalah seru.

Dua Areal Pantai yang Menakjubkan

Pantai-Timang-sewa-motor-jogja-malioboro

Pantai Timang memang sedikit berbeda dengan pantai di Gunung Kidul pada umumnya. Karena pantai ini memiliki dua areal yang bisa Anda pilih ketika berkunjung kesana. Pertama, apabila Anda ingin menikmati pasir putihnya, Anda bisa menghabiskan waktu di Pantai Timang sebelah Timur. Sementara, jika Anda ingin menikmati deburan ombak pada batu-batu karang, dan panorama pulau panjang, Anda bisa memilih bagian Barat pantai ini.

Pulau Panjang Surga Lobster di Pantai Timang Yogyakarta

Gondala tua yang terdapat di Pantai Timang merupakan salah satu akses menuju pulau panjang. Setelah adrenalin terpacu pada ketinggian 9-10 meter saat menyebrang. Anda akan disuguhi sebuah pulau yang dikenal sebagai tempat terbaik untuk berburu hasil laut terutama lobsternya.

Lokasi, Akses Jalan dan Rute Pantai Timang Yogyakarta

Pantai Timang berjarak 50 km dari pusat kota, lebih tepatnya berada di Jl. Pantai Selatan Jawa, Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Yogyakarta. Lokasi pantai yang cukup terpencil membuat akses menuju Pantai Timang tergolong tidak mudah. Anda akan melewati jalan yang cukup terjal dan berbatu.

Namun, Anda tidak perlu risau karena sesampainya di pantai rasa lelah Anda akan terbayar. Keindahan panorama pantai yang memanjang dengan deburan ombak dan angin semilir bakalan membuai dan melenyapkan rasa lelah. Suasananya yang masih tergolong sepi, akan membuat Anda lebih rileks setelah perjalanan yang melelahkan.

Untuk sampai di lokasi Pantai Timang Anda bisa melalui pusat kota Wonosari menuju arah pantai baron. Lalu dari pantai baron Anda bisa menuju pertigaan Pulo dan menuju ke arah pantai siung lalu pasar Dakbong, setelah itu Anda akan melewati jalanan berbatu untuk sampai ke Pantai Timang.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Pantai Timang Yogyakarta

Untuk bisa menikmati keindahan panorama Pantai Timang, Anda hanya akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp5.000,00 saja. Sedangkan untuk menikmati gondola, Anda harus sedikit merogoh kocek yang lumayan besar yaitu Rp150.000,00. Dan untuk menaiki jembatan gantung Anda dikenakan biaya Rp100.000,00. Harga yang cukup mahal tersebut setara dengan keindahan yang akan Anda dapatkan nantinya.

Hanya saja fasilitas yang tersedia di Pantai Timang Yogyakarta belum cukup memadai. Jadi, ketika Anda berkunjung ke pantai ini siapkan beberapa perlengkapan makan dan minum serta perlengkapan lain yang sekiranya Anda butuhkan untuk berjaga-jaga.

Itulah ulasan tentang Pantai Timang Yogyakarta, semoga beberapa informasi diatas bisa membantu mempersiapkan liburan Anda. Apabila Anda tidak menggunakan kendaraan pribadi, memanfaatkan saja layanan Jogja Rental Motor di jogjarentalmotor.com. Selain mendapatkan penawaran yang menarik, Anda juga bisa menikmati liburan dengan nyaman tanpa perlu kesulitan menuju ke tempat lokasi.