Pasar Beringharjo adalah destinasi wisata belanja Yogyakarta terlengkap dan terbesar yang harus Anda masukkan dalam daftar tujuan wisata ke Kota Gudeg ini. Tidak pernah ada kata sepi pengunjung di Pasar Beringharjo. Maka dari itu, akan sangat disayangkan kalau kesempatan datang ke Yogyakarta tidak Anda lengkapi dengan berbelanja di pasar yang terletak di kawasan Malioboro ini.

Ada begitu banyak dagangan yang dapat dibeli disini. Mulai dari batik dengan harga yang miring, aneka souvenir khas Yogyakarta, barang antik, rempah-rempah dan jejamuan, sampai dengan tidak ketinggalan adalah menyantap aneka kuliner lezat.

Tentang Pasar Beringharjo

rental-motor-terpercaya-di-jogja-pasar-beringharjo

Sejak tahun 1758, Pasar Beringharjo telah menjadi pusat aktivitas perdagangan tradisional. Telah menjadi pusat kegiatan perdagangan sejak ratusan tahun yang lalu, Pasar Beringharjo adalah pasar legendaris yang kental dengan nilai filosofis. Adanya pasar yang sekarang sudah menjadi destinasi wisata belanja Yogyakarta paling populer ini tidak jauh-jauh kaitannya dengan keberadaan Keraton Yogyakarta.

Pasar Beringharjo adalah salah satu komponen penting di dalam pola tata kota kerajaan Islam di zaman dahulu, di mana komponen itu mencakup keraton, pasar, alun-alun dan masjid. Sebelum menjadi pusat perdagangan, daerah Pasar Beringharjo adalah hutan beringin. Baru usai Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat ada di di tahun 1758, tempat ini pun kemudian menjadi kawasan perdagangan.

Tempat wisata belanja Yogyakarta yang paling populer satu ini dinamai sebagai “Pasar Beringharjo” oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Kala itu dalam pemerintahannya, Sri Sultan Hamengkubuwono IX mengarahkan supaya semua instansi dan bangunan di Yogyakarta agar diberi nama Jawa.

Nama Beringharjo sendiri berasal dari dua kata yaitu Bering dan Harjo. Bering berarti pohon beringin dan Harjo adalah memberikan kesejahteraan. Sehingga dengan kata lain nama Beringharjo untuk pasar ini diinginkan dapat menjadi pasar yang mengayomi layaknya pohon beringin yang rindang dan juga dapat membuat masyarakat lebih sejahtera.

Apa Saja yang Ada di Pasar Beringharjo?

rental-motor-terbaik-di-jogja-pasar-beringharjo

Menjadi pasar terbesar dan terlengkap di Yogyakarta, pastinya ada begitu banyak dagangan yang bisa Anda beli di Pasar Beringharjo. Kegiatan paling utama yang bisa dilakukan disini tidaklah lain adalah belanja.

Barang yang pertama jangan terlewatkan Anda beli adalah Batik. Sebagian besar wisatawan yang datang ke Pasar Beringharjo punya tujuan utama belanja batiknya. Ada banyak sekali corak batik yang cantik-cantik dan unik. Anda dapat membeli batik dalam bentuk kain maupun baju dengan model yang semakin kesini semakin disesuaikan dengan trend fashion.

Barang lainnya lagi yang dapat dijumpai di tempat wisata belanja Yogyakarta yang satu ini adalah aneka kerajinan, termasuk souvernir dan bahkan juga barang antik. Kalau Anda mencari oleh-oleh, jangan lupakan untuk membeli cinderamata dari Yogyakarta yang dijual disini.

Tidak hanya barang-barang saja yang bisa dibeli di Pasar Beringharjo, aneka rempah, bahan herbal sampai bahan jamu juga ada disini. Tidak perlu heran kalau di satu kawasan Anda akan mencium aroma wangi khas dari rempah-rempah.

Hal Menarik Lainnya yang Bisa Dilakukan di Pasar Beringharjo

Selain belanja, aktivitas menarik lainnya yang bisa Anda lakukan di Pasar Beringharjo adalah hunting foto human interest. Karena aktivitas jual beli yang terus berjalan dari pagi hingga malam di tempat wisata belanja di Yogyakarta yang satu, maka itu bisa menjadi spot sangat ciamik untuk mengabadikan potret kehidupan di pasar atau human interest. Lengkapi juga kunjungan Anda di Pasar Beringharjo dengan menikmati berbagai kuliner lezatnya.

Lokasi dan Akses

Lokasi Pasar Beringharjo ada di Jalan Pabringan 1 Kota Yogyakarta. Masih satu kawasan dengan Malioboro. Pasar ini sangat gampang dituju dari arah mana saja. Angkutan umum pun banyak yang dapat mengantarkan Anda ke Pasar Beringharjo. Mulai dari bus kota jalur 7, jalur 5, sampai dengan bus TranJogja jalur 1A, 2A, serta 3A. Bahkan Anda juga bisa naik bus kota jalur 2 dan lewat bagian belakang pasar.

Jam Buka Pasar Beringharjo

Tidak ada hari tutup di Pasar Beringharjo. Pasar ini buka setiap hari sejak pagi buta. Akan tetapi untuk Anda yang ingin belanja batik, umumnya pedagang batik di Pasar Beringharjo baru buka pukul 08.00 WIB dan tutup pukul 17.00 WIB.

Itulah ulasang lengkap tentang Pasar Beringharjo, salah satu lokasi wisata belanja Yogyakarta. Jika Anda tidak ingin menaiki angkutan umum dan ingin lebih menghemat waktu perjalanan, Anda bisa menyewa motor di Jogja Rental Motor dengan prosedur yang mudah tentunya. Harga sewa motor di Jogja Rental Motor pun murah sekaligus berkualiitas tentunya.