Ada banyak hal menarik memang yang dimiliki oleh Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata yang ada daerah berjuluk Kota Gudeg ini ada bermacam-macam. Bahkan wisata belanja di Yogyakarta tidak hanya menawarkan cinderamata maupun kulinernya saja. Akan tetapi Yogyakarta pun punya pusat untuk berbelanja flora dan fauna. Namanya adalah PASTY. PASTY bisa dikategorikan sebagai wisata belanja flora dan fauna di Yogyakarta.

Tentang PASTY, Tempat Wisata Belanja Flora Dan Fauna Di Yogyakarta

pasty-yogyakarta

Nama “PASTY” sendiri bukan hanya sekedar nama tempat saja, melainkan punya kepanjangan yaitu Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta. PASTY merupakan pasar yang khusus menjual fauna dan juga flora bersama kelengkapan yang berkaitan.

PASTY merupakan pasar pindahan dari pasar hewan yang sebelummnya ada di daerah Ngasem. Akan tetapi lantaran kepentingan relokasi lahan untuk penataan kota, akhirnya di tahun 2010 pindah ke Bantul dan berganti nama menjadi PASTY.

Anda akan menjumpai berbagai macam fauna di sini. Paling banyak adalah burung. Selain itu ada juga kelinci, kucing, hamster, anjing, itik, ikan hias, dan lain sebagainya. Aneka burung yang bisa Anda temui di PASTY tidak jauh-jauh dari burung yang memang pada umumnya diperjualbelikan dengan legal. Rasanya ada suasana seperti berada di kebun binatang mini kalau Anda datang ke tempat wisata belanja flora dan fauna di Yogyakarta yang satu ini.

Karena memang burung adalah jenis satwa yang paling banyak di PASTY, tidak heran kalau pengunjungnya juga lebih banyak dari kalangan para pecinta satwa berkicau satu ini. Bahkan menariknya di beberapa waktu tertentu, di PASTY diadakan lomba burung kicau.

Apa Saja yang Bisa Dilakukan di PASTY?

Karena PASTY adalah tempat wisata belanja flora dan fauna di Yogyakarta, maka kegiatan paling menarik yang bisa Anda lakukan adalah membeli flora dan fauna. Kalau Anda punya hewan peliharaan di rumah ataupun tanaman yang Anda cintai dan Anda berkesempatan datang ke Yogyakarta, jangan lewatkan untuk belanja kebutuhan hewan dan tumbuhan Anda disini. Harga yang ramah tentu akan Anda peroleh.

PASTY terbagi menjadi dua; zona fauna dan zona flora. Untuk zona fauna berada di sebelah timur dari Jalan Bantul. Sedangkan untuk zona flora ada di sebelah barat Jalan Bantul. Inilah yang menjadikan PASTY selalu terjaga kebersihan dan kerapiannya, karena area flora dan fauna ditempatkan berbeda.

Menariknya lagi adalah, area pasar sudah dilengkapi dengan adanya gazebo-gazebo yang dapat dimanfaatkan bagi pengunjung beristirahat sejenak di area wisata belanja flora dan fauna di Yogyakarta satu ini.

Jika terlalu letih berjalan-jalan, Anda pun bisa menikmati berbagai makanan dan minuman yang dijual di kios-kios sekitar PASTY. Meskipun pasar hewan dan tanaman, PASTY selalu bersih dan tertata dengan rapi. Hal ini juga dikarenakan zona untuk penjual hewan dengan penjual tanaman dipisahkan.  Jika beruntung Anda juga dapat menyaksikan kompetisi burung berkicau.

Berbagai fasilitas penunjang juga sudah disediakan di tempat wisata belanja flora dan fauna di Yogyakarta tersebut. Beberapa diantaranya adalah tempat parkir yang memadai, tempat ibadah, foodcourt, playground sampai dengan klinik hewan.

Harga Tiket Masuk

Karena ini merupakan pasar, maka Anda tidak dikenakan biaya untuk masuk. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk parkir kendaraan dan juga tentu biaya untuk membeli flora ataupun fauna yang Anda inginkan.

Jam Buka

Anda dapat berkunjung ke Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta ini pada pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB setiap harinya. Rasanya tak pernah ada kata sepi pengunjung setiap hari untuk PASTY ini. Sehingga jangan lewatkan kesempatan Anda di Yogyakarta untuk datang ke PASTY.

Lokasi dan Akses

PASTY berada di Jalan Bantul KM 1 Nomor 142 Dongkelan, Yogyakarta. Akses menuju tempat wisata belanja flora dan fauna ini sangat mudah. Kalau dari perempatan pojok banteng Kulon, Anda dapat meuju ke Selatan atau lebih tepatnya menuju kea rah Jalan Bantul dan lurus saja menuju Selatan. Kemudian dari pojok Benteng Kulon menuju PASTY jaraknya hanya kurang lebih 1.5 kilometer saja.

Nah, sudah tahu kan tempatnya wisata belanja flora dan fauna di Yogyakarta? Jika Anda datang berwisata ke Yogyakarta tanpa kendaraan pribadi dan ingin menikmati kota ini lebih santai, Anda bisa menyewa motor di Jogja Rental Motor dengan fasilitas yang ciamik. Dengan menyewa motor pun tentu akses Anda menuju ke PASTY juga akan lebih mudah.