Puncak Suroloyo Kulon Progo adalah obyek wisata di bagian barat Kota Yogyakarta. Tempat ini merupakan spot terbaik untuk menikmati berbagai macam pesona keindahan alam. Berada di dataran tinggi Menoreh, sekitar 1019 mdpl, di Puncak Suroloyo ini pemandangan terasa sempurna. Berikut ini hal-hal keren yang bisa didapatkan di Puncak Suroloyo.

Spot Terbaik Menikmati Sunset dan Sunrise di Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo Kulon Progo

Ya, Puncak Suroloyo memang menjadi spot terbaik untuk menikmati keindahan sunset dan juga sunrise dari ketinggian. Ini adalah hal istimewa pertama yang bisa didapatkan para pengunjung Puncak Suroloyo. Waktu terbaik untuk menikmati sunset dan sunrise di Puncak Suroloyo adalah ketika cuaca sedang cerah. Pesona keindahan matahari bisa dinikmati tanpa adanya kabut yang menghalangi.

Keindahan Candi Borobudur Juga Jadi Suguhan

Ketika cuaca sedang cerah, para pengunjung Puncak Suroloyo Kulon Progo akan beruntung karena dapat menikmati keindahan Candi Borobudur dari kejauhan. Semakin berkesan ketika keindahan salah satu dari 7 keajaiban dunia ini dinikmati keindahannya pada saat matahari sedang terbit ataupun terbenam. Sudah terbayang bagaimana indahnya kemegahan Candi Borobudur dengan latar pesona matahari terbit atupun tenggelam?

Pesona Keindahan 4 Gunung

Belum selesai sampai dengan pemandangan Candi Borobudur saja. Di Puncak Suroloyo para pengunjung juga bisa menikmati pesona keindahan 4 gunung, yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, serta Gunung Sumbing. Jadi mata akan dimanjakan dengan pemandangan gunung mulai dari sebelah kiri sampai dengan kanan. Pesona 4 gunung sekaligus keindahannya bisa dinikmati dalam 1 spot saja.

Ada beberapa gardu pandang di Puncak Suroloyo yang memang tersedia sebagai spot terbaik menikmati lanskap indah pemandangan alam yang beraneka ragam. Mulai dari pegunungan, pesona keindahan Candi Borobudur, sunrise, sunsite, bahkan tidak ketinggalan juga pesona keindahan perkebunan teh di kaki Gunung Sindoro bisa dilihat lewat Puncak Suroloyo Kulon Progo.

Puncak Suroloyo Kulon Progo

Nah, untuk mencapai gardu pandang yang ada di Puncak Suroloyo, para pengunjung perlu untuk berjalan kaki menaiki anak tangga yang jumlahnya ratusan. Tak perlu khawatir lelah, semua akan terbayar lunas jika sudah berada di puncak dengan suguhan pesona keindahan alam yang bermacam-macam. Anak tangga menuju puncak juga dipayungi oleh pepohonan hijau yang rindang, jadi rasa letih dan kepanasan akan minim.

Durian Menoreh Lengkapi Perjalanan Wisata di Puncak Suroloyo Kulon Progo

Di Puncak Suroloyo Kulon Progo para wisatawan juga bisa mencicipi lezatnya buah Durian Menoreh. Hanya saja tidak setiap hari ada, mengingat tumbuhnya buah durian juga musiman. Menariknya adalah, di sini setiap tahunnya rutin menghelat Festival Durian yang disediakan untuk para pecinta buah durian.

Kalau datang ke Puncak Suroloyo dan bertepatan dengan musim panen durian, jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi dan membeli untuk dijadikan oleh-oleh. Bukan cuman durian varietas unggulan yang bisa dicicipi kelezatannya, di Puncak Suroloyo juga bisa langsung membeli bibit durian.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Pendukung

Harga tiket masuk kawasan Puncak Suroloyo hanya dibanderol Rp5.000 saja. Sangat murah bukan? Beberapa fasilitas pendukung adalah warung makan dan minum serta penginapan. Dengan menginap, maka Anda tak akan ketinggalan saat-saat sunset dan sunrise di kawasan Puncak Suroloyo Kulon Progo.

Lokasi dan Rute Perjalanan ke Puncak Suroloyo

Lokasi tepat Puncak Suroloyo berada di Desa Gerbosari, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Setidaknya ada dua jalur utama rute perjalanan menuju Puncak Suroloyo. Pertama adalah melewati Jalan Godean, menuju ke Sentolo, kemudian Kalibawang, dan baru sampai ke Suroloyo.

Sementara itu, untuk rute yang kedua adalah melewati Jalan Magelang, menuju ke Muntilan, terus ke Pasar Muntilan, berlanjut ke Kalibawang, dan sampai ke Suroloyo. Apabila sudah sampai di Kalibawang, rute akan berubah menjadi menanjak dan jalanan berliku. Sehingga persiapkan kendaraan dalam kondisi terbaik.

Soal transportasi roda dua, silakan menyewa motor di Jogja Rental Motor. Kami menyediakan jasa sewa motor dengan harga yang terjangkau. Mengendarai motor menuju ke Puncak Suroloyo Kulon Progo akan sangat menyenangkan. Pemandangan alam yang hijau di kanan dan kiri jalan adalah bonus yang bisa didapatkan.