Setelah puas berbelanja dan berkeliling di Desa Wisata Gerabah Kasongan, kini saatnya Anda melanjutkan perburuan di Sentra Kerajinan Kulit Manding Jogja. Sama seperti Cibaduyut di Bandung dan Tanggulangin di Jawa Timur, Manding juga termasuk desa wisata di Yogyakarta yang terkenal dengan produksi kerajinan kulitnya. Produk dari tangan-tangan kreatif warga Desa Manding ini pun sudah menjadi primadona bagi masyarakat domestik dan mampu menembus pasar internasional.

Pada tahun 1970 hingga tahun 1980 kerajinan kulit manding pernah mengalami masa kejayaan. Meski tidak seterkenal dulu,  nyatanya kerajinan kulit Manding masih menjadi sentra kerajinan kulit di Kabupaten Bantul yang banyak dicari wisatawan sampai saat ini. Kurang lebih terdapat 40 usaha kulit tradisional yang ada di Desa Wisata Manding, dan semuanya pun dikerjakan oleh warga setempat.

Nah, setiap showroom atau toko menjual berbagai kerajinan kulit seperti, tas, jaket, sepatu, sendal, dompet, ikat pinggang, pigura sampai gantungan kunci. Jarak antara toko satu dengan lainnya berdekatan dan berdampingan. Sehingga wisatawan bisa mengunjungi setiap toko hanya dengan berjalan kaki saja.

Ragam dan Harga Produk Kerajinan Kulit Manding Jogja

Terdapat berbagai produk kerajinan yang dihasilkan dan ditawarkan di Sentra Kerajinan Kulit Manding Jogja. Dan agar bisa membawa produk tersebut pulang, Anda bisa membelinya dengan harga yang cukup bervariasi. Harga tersebut disesuaikan dengan model dan komposisi bahan yang digunakan.

Sentra Kerajinan Kulit Manding Jogja

Bagi penyuka sepatu etnik, Anda dapat membelinya dengan kisaran harga mulai Rp70.000 hingga Rp1.000.000. Sementara untuk tas etniknya dibanderol dengan kisaran harga mulai Rp100.000 sampai dengan Rp1.000.000, dan untuk dompet cantiknya Anda bisa membelinya dengan harga Rp50.000 sampai dengan Rp250.000. Nah, bagi kolektor jaket kulit asli, Anda juga bisa mendapatkannya disini dengan harga sekitar Rp500.000 sampai dengan Rp2.000.000 saja. Cukup murah bukan dengan kualitasnya yang begitu jempolan.

Disini Anda juga bisa membeli oleh-oleh kerajinan seperti berbagai macam aksesoris kecil yang bisa Anda bawa pulang dengan harga yang relatif murah. Dengan uang Rp5.000 saja, Anda bisa mendapatkan aksesoris etnik dan cantik khas Manding. Ada juga sendal dan ikat pinggang yang bisa Anda dapatkan dengan harga Rp35.000 saja.

Produk Lokal Kualitas Internasional

Dapat dikatakan bahwa setiap produk kerajinan di Sentra Kerajinan Kulit Manding Jogja merupakan produk handmade dan langsung dikerjakan oleh para pengrajin berpengalaman. Bahan-bahan kerajinannya terbuat dari kulit sapi yang selalu terjaga kualitasnya. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dan meragukan kualitas dari produk kerajinan kulit Mandingan ini.

Pada dasarnya produksi kerajinan yang dihasilkan oleh para pengrajin ditujukan untuk memenuhi kebutuha pasar lokal dan sebagai sumber mata pencaharian masyarakat sekitar. Namun ada beberapa produk kerajinannya yang menjadi unggulan bahkan sudah di ekspor ke berbagai negara. Beberapa diantaranya yaitu negera-negara Timur tengah seperti mesir. Dan negara-negara Eropa seperti Spanyol.

Tips Berbelanja di Sentra Kerajinan Kulit Manding Jogja

Sentra Kerajinan Kulit Manding Jogja

Apabila Anda baru pertama kali mengunjungi sentra kerajinan ini mungkin akan sedikit mengalami kesulitan atau kebingungan untuk memilih produk dengan kualitas baik dan harga terjangkau. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat ingin berbelanja di Sentra Kerajinan Kulit Manding:

  1. Cek kualitas bahan kulit yang digunakan dengan melihat lapisan atau permukaan kulit luar. Kulit yang berkualitas baik biasanya dicirikan dengan permukaan yang rata, halus dan tidak cacat.
  2. Khusus untuk produk seperti tas, jaket, dan ikat pinggang. Terlebih dahulu Anda bisa mencoba melipat salah satu bagian kulit menjadi dua atau tiga bagian. Dan gosoklah bagian lipatan dengan ujung jari. Kulit yang berkualitas tidak akan mudah meninggalkan bekas, dan tidak mudah rusak.
  3. Untuk mendapatka harga terjagkau, usahakan untuk menawar harga 50% terlebih dahulu. Selain itu tetaplah bersikap ramah dan sopan saat menawar. Agar proses tawar menawar lebih mudah usahakan menggunaka bahasa jawa.

Lokasi dan Akses Menuju Sentra Kerajinan Kulit Manding Jogja

Sentra Kerajinan Kulit Manding ini terletak di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Desa Manding, Kecamatan Sabdodadi, Kaupaten Bantul, Yogyakarta. Dari pusat Kota Jogja dapat ditempuh selama kurang lebih 35 menit dengan jarak 15 kilometer. Akses menuju sentra kerajinan ini juga sudah cukup mudah karena dapat dilalui dengan transportasi umum atau pribadi.

Apabila menggunakan transportasi umum, Anda bisa menaiki Transjogja trayek 3A dari arah Malioboro. Nah, untuk mempermudah perjalanan menuju Sentra Kerajinan Kulit Manding Jogja, hubungi kami saja di Jogja Rental Motor. Anda bisa memilih salah satu dari sekian banyak stok motor kami dari berbagai merek. Perjalanan Anda tentunya akan lebih aman dan nyaman.