Jika kita bicara tentang tempat wisata berupa taman, mungkin yang terlintas di benak banyak orang adalah sebuah tempat untuk santai dan bermain. Namun berbeda halnya dengan Taman Pintar Yogyakarta. Taman Pintar menjadi salah satu destinasi wisata pendidikan di Yogyakarta. Hal ini karena banyaknya hal menarik di Taman Pintar.

Taman Pintar  Jogja adalah tujuan yang tepat untuk anda yang datang berlibur ke Yogyakarta bersama dengan anak-anak. Bermain dan belajar bisa dilakukan anak-anak secara bersamaan di Taman Pintar. Bahkan tidak terkecuali juga orang dewasa pun dapat menikmati beberapa wahana edukasi disini.

Tentang Taman Pintar

Taman-Pintar-yogyakarta-sewa-motor-jogja

Taman Pintar merupakan wisata pendidikan si Yogyakarta yang sangat populer.  Taman yang dihadirkan oleh pemerintah Yogyakarta ini menyediakan wahana bermain dan belajar yang cukup lengkap bagi anak-anak. Tersedia bagi anak-anak baik yang masih berusia pra sekolah hingga usia sekolah menengah.

Bangunan Taman Pintar Yogyakarta berdesain perpaduan antara modern dan tradisional. Bediri di atas tanah yang luasnya kurang lebih 12.000 meter persegi, Taman Pintar dulunya hadir terinspirasi dari adanya pusat peragaan IPTEK di Jakarta. Lebih tepatnya di Taman Mini Indonesia Indah alias TMII. Kemudian juga didasari untuk menjadi contoh pengembangan pada daerah lain.

Bulan Mei di tahun 2006, Taman Pintar berdiri dan kemudian diresmikan oleh Sultan Hamengkubuwono X pada 9 Juni 2007 bersama dengan Menteri Riset dan Teknologi serta Menteri Pendidikan Nasional. Memang usia berdirinya taman ini masih cukup muda, namun telah berhasil menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung kesini.

Menariknya lagi adalah, model pembelajaran yang dijalankan wisata pendidikan di Yogyakarta paling populer ini memadukan konsep pendidikan serta permain bersama media yang unik. Tujuannya supaya dengan mudah bisa menarik keingintahuan anak-anak sekaligus juga menstimulasi kreativitasnya pada IPTEK.

Taman Pintar mempunyai motto “Niteni, Nirokake, Nambahi” yang tidak lain berarti “Memahami, Menirukan, dan Mengembangkan”. Motto tersebut diambil dari ajaran Ki Hadjar Dewantara yang terkenal dengan 3N.

Apa Saja yang Ada di Taman Pintar?

Taman-Pintar-yogyakarta-sewa-motor-jogja-bulanan

Ada beberapa gedung di Taman Pintar yang diisi dengan berbagai zona bermain dan belajar. Gedung-gedung tersebut diantaranya adalah Gedung Kotak, Gedung Oval, Gedung Memorabilia sampai dengan Gedung Paud dan juga area bermain anak. Di dalam gedung-gedung tersebut ada beberapa wahana bermain dan belajar yang sangat menarik.

Wahana-wahana bermain dan belajar yang terdapat di berbagai gedung tersebut mulai dari area penjelajah kecil, area titian penemuan, area petualangan lingkungan, area titian sains, Indonesiaku, area teknologi canggih dan populer sampai dengan area taman untuk bermain tentunya. Tentunya sudah cukup lengkap wahana bermain dan belajar yang ada di wisata pendidikan di Yogyakarta ini.

Harga Tiket

Untuk harga tiket masuk bagi orang dewasa adalah Rp18.000 dan untuk anak-anak hanya Rp10.000 saja. Harga tiket masuk tersebut belum termasuk tiket beberapa wahana berbayar. Seperti untuk wahana Teather 3D, anda akan dikenakan biaya Rp. 20.000 untuk umum dan Rp. 15.000 bagi pelajar.

Masuk ke Gedung Paud, anak usia 2 hingga 7 tahun dikenakan biaya tiket masuk Rp. 3000. Berbeda lagi untuk masuk Wahana Planetarium ataupun ke Wahana Bahari, biaya yang perlu dikeluarkan adalah Rp. 15.000 per orang. Ada juga biaya untuk beberapa program kreativitas mulai dari Rp. 5000 sampai dengan Rp. 40.000. Kalau untuk playground, tidak ada biaya tiket.

Jam Buka

Tempat wisata pendidikan di Yogyakarta ini buka setiap hari Selasa sampai dengan minggu pukul 09.00 WIB dan tutup pukul 16.00 WIB. Taman Pintar Yogyakarta tutup di hari Senin, kecuali apabila bertepatan dengan hari libur nasional.

Lokasi dan Akses

Alamat lengkap Taman Pintar berada di Jalan Panembahan Senopati Nomor 1-3 Yogyakarta dan lebih tepatnya ada di depan Bank Indonesia atau kurang lebih jaraknya 200 meter dari perempatan jalan Malioboro. Mengingat lokasi dari wisata pendidikan di Yogyakarta tersebut berada di tengah kota, maka anda bisa mengaksesnya dengan sangat mudah dari arah mana saja.

Supaya anda lebih mudah datang ke Taman Pintar apabila tidak membawa kendaraan bermotor, anda bisa menyewa motor di Jogja Rental Motor dengan harga yang cukup terjangkau. Ditambah juga anda pun mendapatkan fasilitas sewa yang mumpuni.