Yogyakarta, siapa yang tak mengenal kota gudeg satu ini? Kota Pelajar ini terkenal akan wisata kuliner, alam dan buatannya. Itu terbukti dengan puluhan destinasi wisatanya yang selalu membuat rindu pengunjungnya untuk kembali menjejakkan kaki di kota ini. Salah satu destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan Anda untuk berlibur di Yogyakarta adalah Tebing Breksi Jogja.

Wisata alam yang berdekatan dengan Candi Ijo dan Candi Prambanan ini mempunya keunikan tersendiri. Tebingnya berwarna putih dan memesona. Di balik wisata alam yang cukup unik ini, Tebing Breksi dahulunya berupa tempat penggalian dan penambangan batu alam lho. Kemudian di tahun 2014, pemerintah menghentikan penambangan dan penggalian batu di lokasi ini karena dianggap illegal.

Hunting Foto dengan Latar Belakang Tebing Breksi Jogja

Tebing Breksi memang merupakan destinasi wisata yang tergolong baru di wilayah Kabupaten Sleman. Namun jangan salah, destinasi wisata ini cukup ramai pengunjung lho. Banyak pengunjung yang penasaran seperti apa wisata baru Tebing Breksi dan banyak pula yang ingin hunting foto.

Tebing Breksi Jogja

Ada daya tarik tersendiri dengan menjadikan Tebing Breksi sebagai latar belakang foto. Pasalnya banyak ukiran di Tebing Breksi dan model bentuk tebing yang memang sengaja diukir dan dibuat sedemikian rupa agar menjadi lebih menarik untuk dilihat. Dan memang itulah salah satu daya tarik dari wisata ini. Misalnya ukiran berbentuk ular yang masih di dinding salah satu tebing yang memiliki tangga. Spot ini paling banyak dijadikan latar belakang untuk foto. Selain itu, ada pula sebuah taman buatan dan sebuah lingkaran agak besar yang turut menghiasi Tebing Breksi.

Menyaksikan Keindahan Alam Dari Tebing Breksi

jika ingin menyaksikan pemandangan alam yang indah, pengunjung harus mau naik ke puncak Tebing Breksi Jogja ini. Hamparan hijau pepohonan, Candi Ijo dan Candi Prambanan  dan masih banyak spot lainnya yang menjadi pemandangan yang bisa dinikmati dari Tebing Breksi. Ada pula pemandangan Gunung Merapi yang terkenal akan kemisteriusannya.

Dari Tebing Breksi, pengunjung juga bisa melihat sunset yang eksostis lho. Baik dari atas tebing maupun dari bawah tebing, pemandangan indah matahari langit akibat matahari yang seperti ditelan bumi bisa dilihat dan diabadikan dengan kamera ataupun sekedar mata telanjang. Sangat menarik, bukan?

Lokasi dan Rute Menuju Tebing Breksi

Jika Anda dari Candi Ijo, jangan lupa untuk berkunjung ke Tebing Breksi, ya. Pasalnya, lokasi Tebing Breksi paling dekat dengan Candi Ijo, hanya berjarak kira-kira 1 kilometer. Tepatnya, Tebing Breksi berada di Desa Sambirejo, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk mengunjungi Tebing Breksi ini, Anda hanya perlu melintasi jalur yang menuju ke Candi Prambanan sampai di Pasar Prambanan. Dari pasar Prambanan Anda hanya perlu belok kanan menuju ke Piyungan.

Dari sana, lanjutkan perjalanan ke selatan, tepatnya menuju Keraton Ratu Boko dan kemudian tujulah arah menuju Candi Ijo. Setelah itu, akan ada papan petunjuk jalan yang mengarah ke Tebing Breksi. Tebing Breksi Jogja ini berada di sekitar 1 kilometer dari SDN Sambirejo ke arah kirinya.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Tebing Breksi

Untuk memasuki kawasan wisata Tebing Breksi, pengunjung tidak dikenakan biaya seperpun alias gratis. Namun, cukup dengan membayar biaya parkir kendaraan Anda. Untuk kendaraan roda dua seperti motor, hanya dikenakan tarif Rp2.000 saja. Sedangkan untuk kendaraan roda empat, biaya tarifnya sebesar Rp5.000. Sangat murah, bukan?

Tebing Breksi operasional jam bukanya mulai pukul 05.00 pagi sampai dengan pukul 18.00 sore. Pengunjung bisa menikmati keindahan sunset dan sunrise dari Tebing Breksi lho. Jangan lewatkan momen tersebut. Selain itu, fasilitas yang ada di Tebing Breksi Jogja masihlah sangat minim. Hanya ada toilet dan papan penunjuk jalan untuk menuju ke lokasi ini.

Sebagai saran, karena keterbatasan fasilitas yang ada, sebaiknya Anda menyiapkan bekal makanan dan minuman untuk Anda bawa ke wisata Tebing Breksi ini. Karena di sana juga tidak menyediakan warung makan bagi pengunjung.

Nah, demikian ulasan tentang Tebing Breksi Jogja yang masih tergolong wisata baru. Ada baiknya ketika melakukan perjalanan ke tempat wisata yang jauh, pastikan kendaraan Anda dalam keadaan baik dan prima. Jika kendaraan Anda sedang bermasalah, kami menawarkan jasa sewa motor untuk Anda. Jogja Rental Motor menjamin kendaraan dalam keadaan baik dan prima.