Kabupaten Bantul adalah salah satu kabupaten di Yogyakarta yang memiliki keanekaragaman wisatanya. Selain wisata pantai, alam, dan kerajinannya yang terkenal, kabupaten ini juga memiliki sejumlah destinasi wisata budaya. Salah satunya yaitu Tembi Rumah Budaya Yogyakarta. Objek wisata ini menyimpan dokumentasi dan informasi mengenai sejarah dan budaya Jawa.

Tembi Rumah Budaya ini juga menjadi saksi lahirnya maha karya kreatif dari tangan-tangan masyarakat lokal Kabupaten Bantul. Selain bebereapa koleksi benda-benda budayanya, Tembi Rumah Budaya juga sering menyelenggarakan berbagai kegiatan seni budaya seperti pameran senirupa, pertunjukan seni tradisional maupun kontemporer, pentas tari dan teater, musik, hingga pertunjukan seni pembacaan puisi.

Sejarah Tembi Rumah Budaya Yogyakarta

Tembi merupakan sebuah desa yang dahulunya digunakan oleh  para abdi dalem keraton dan kerabatnya untuk menyusui anak-anaknya. Sebelum beralih nama menjadi Tembi Rumah Budaya, tempat ini bernama Lembaga Studi Jawa (LSJ) yang berdiri pada tahun 1995 dan digunakan sebagai pusat produksi budaya. Lembaga ini dibangun dengan tujuan untuk mempublikasikan dan memperkenalkan kebudayaan Jawa baik dari segiadat istiadat, literatur, dan kesenian kepada masyarakat umum.

Tembi Rumah Budaya Yogyakarta

Pada tahun 200 Lembaga Studi Jawa ini beralih nama menjadi Rumah Budaya Tembi (RBT). Namun sayangnya akibat gempa dahsyat yang pernah mengguncang wilayah Yogyakarta, Tembi Rumah Budaya Yogyakarta ini mengalami beberapa kerusakan. Tepatnya pada tahun 2007 Sri Sultan Hamengku Buwono X meresmikan kembali Tembi Rumah Budaya.

Tembi Rumah Budaya Yogyakarta merupakan objek wisata yang membiayai dirinya sendiri alias tidak dibiayai dan dibantu oleh pemerintah. Jadi, semua biaya pemugaran objek wisata ini pun didapatkan melalui pemasukan dari beberapa fasilita lain yang ada disini.

Koleksi Benda Bersejarah Di Tembi Rumah Budaya Yogyakarta

Saat berkunjung ke Tembi Rumah Budaya para wisatawan bisa melihat berbagai macam benda peninggalan sejarah seperti puluha pedang dan keris, ada juga tombak berjumlah 167 buah. Selain senjata bersejarah, wisatawa juga bisa melihat peralatan bercocok tanam (bertani) dan ada juga beberapa peralatan seni gamelan dan seni batik.

Tembi Rumah Budaya Yogyakarta

Potret-potret masa lalu pun terpampang rapi di dinding, ada juga poster kuno, serta wayang kulit. Apabila Anda penyuka sejarah dan budaya, Anda bisa mendapatkan kekayaan budaya dan bahasa, di perpustakaan museum ini. Di perpustakaan tersebut tersimpan kurang lebih 5.000 naskah. Beberapa di antaranya berupa  buku-buku kuno yang ditulis dengan huruf Jawa, seperti Babad Tanah Jawi dan Babad Sundayana.

Selain memamerkan beberapa koleksi benda bersejarah, Tembi Rumah Budaya Yogyakarta biasanya juga mengadakan pertunjukan seni setiap bulan sekali secara rutin. Hal ini dimaksudkan untuk memperkenalkan budaya-budaya jawa zaman dahulu seperti bertani, menjahit dan lain sebagainya kepada masyarakat modern zaman sekarang.

Hotel dan Kolam Renang Tembi Rumah Budaya

Tembi Rumah Budaya Yogyakarta ini terbagi menjadi dua sisi. Sisi sebelah barat terdapat sebuah museum tempat menyimpan berbagai macam koleksi benda besejarah, Dan di sisi sebelah barat terdapat sebuah hotel dan kolam renang. Objek wisata ini memang memiliki berbagai fasilitas yang cukup lengkap seperti halnya hotel dan kolam renang.

Kolam renang di rumah tembi ini terbuka untuk umum setiap hari pada pukul 08.00-16.00 WIB. Terdapat dua kolam renang dengan tingkat kedalaman yang berbeda-beda. Kolam renang ini sangat nyaman dan asri karena berlatarkan pemandangan sawah yang hijau. Dan agar bisa berenang di sini, setiap wisatawan akan dikenakan biaya sebesar Rp27.000 hingga Rp36.000 sesuai paket yang diambil oleh wisatawan.

Dan bagi wisatawan yang ingin bermalam, objek wisata ini juga menyediakan hotel dan bungalow dengan fasilitas dan harga bervariasi. Hal tersebut diharapkan dapat memudahkan wisatawan agar tidak kesusahan mencari penginapan di sekitar objek wisata.

Lokasi dan Akses Menuju Tembi Rumah Budaya Yogyakarta

Tembi Rumah Budaya Yogyakarta masih berada di Kabupaten Bantul. Tepatnya berada di Jalan Parangtritis Km.8, Desa Tembi Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Yogyakarta. Akses menuju lokasi wisata sudah bagus dan beraspal sehingga dapat dilalui oleh berbagai kendaraan seperti sepeda, motor, mini bus dan bus. Untuk sampai ke lokasi wisata Anda bisa menggunakan GPS sebagai penunjuk arah.

Apabila Anda tertarik untuk berkunjung ke Tembi Rumah Budaya Yogyakarta tetapi terkendala transportasi, tidak perlu khawatir. Kami, Jogja Rental Motor, sebuah perusahaan sewa motor di Jogja yang siap melayani kebutuhan transportasi liburan Anda dan keluarga selama di Yogyakarta. Jasa kami sudah dilengkapi dengan puluhan armada kendaraan dengan surat-surat lengkap dan terpercaya. Cek saja langsung ke lokasi kami di seputaran Stasiun Tugu maupun Lempuyangan.