Ingin memiliki liburan yang berbeda? Anda dapat mengujungi Waduk Sermo Jogja. Waduk ini merupakan objek wisata favorit di Kulon Progo. Dengan airnya yang berlimpah dan bersih, serta Perbukitan Manoreh yang mengelilinginya, akan membuat mata Anda nyaman untuk menatapnya lama-lama. Pesona waduk ini akan berlipat-lipat ketika langit menampakkan senjanya, benar-benar objek wisata yang sangat cocok untuk berlibur.

Selain itu, ada berbagai aktivitas yang dapat Anda lakukan di Waduk Sermo. Jadi, jangan hanya main ke Malioboro terus, datanglah ke waduk ini juga. Berikut ulasannya.

Menikmati Keindahan Alam Waduk Sermo Jogja dengan Naik Perahu

Selain duduk-duduk di pinggir waduk, Anda juga dapat mencoba untuk naik perahu untuk mengelilingi waduk sermo. Aktivitas ini sangat disukai oleh wisatawan karena di tengah-tengah waduk, Anda akan mendapatkan foto yang paling keren. Selain itu, berbagai gardu pandang juga sangat menawan dengan spot foto kerennya.

Memancing Si Predaktor, Ikan “Setan Merah” yang Terkenal

Bagi yang hobi memancing, waduk ini merupakan tempat yang menarik untuk memasang kail dan umpan. Di lokasi ini memang terkenal dengan fasilitas memancingnya, jadi jangan heran jika melihat orang-orang sedang memancing di sini. Coba, lihat keberuntungan Anda, apakah bisa memancing si ikan predaktor pemilik julukan setan merah di Waduk Sermo?

Berkemah di Waduk Sermo Jogja

Mencari lokasi berkemah di Kulon Progo, Waduk Sermo dapat menjadi jawabannya. Terdapat lahan untuk berkemah yang luas dan pastinya pemandangan indah yang siap menemani kehangatan selama berkemah.

Harga Tiket, Jam Buka, dan Fasilitas di Waduk Sermo Jogja

Tentu mengujungi Waduk Sermo, Anda harus mengetahui jam bukanya. Jam buka objek wisata cantik ini dimulai pada pukul 08.00 sampai 17.00, dibuka setiap hari dari Senin sampai Minggu, dan hari libur tetap buka. Objek wisata ini termasuk objek wisata murah, sebab harga tiket per orangnya hanya Rp2.000 per orang. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan motor, senilai Rp2.000, mobil Rp3.000, dan bus atau truk Rp5.000.

Fasilitas di Waduk Sermo sangat lengkap. Untuk fasilitas umum seperti toilet, warung makan, dan tempat beribadah sudah tersedia. Keamanan di objek wisata ini juga sangat terjaga, karena sudah ada TIM SAR. Terdapat juga fasilitas pendukung yang lain seperti tempat berkemah, perahu yang disewakan, villa, bengkel, rumah jamur, rumah panggung, dan gardu pandang.

Lokasi dan Rute Menuju Waduk Sermo Jogja

Waduk Sermo berada di Sermo Lor, Horgowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Menuju lokasi tersebut lebih dianjurkan mengunakan kendaraan pribadi, baik motor, mobil, maupun bus karena lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta. Jaraknya sekitar 33,9 kilometer dari Malioboro dengan waktu tempuh sekitar 1 jam lebih.

Waduk Sermo Jogja

Lebih baik mulai mencatat rute menuju Waduk Sermo sebelum berangkat. Berikut rutenya jika perjalanan dimulai dari Malioboro. Arahkan kendaraan ke selatan Jalan Malioboro, hingga sampai di Jalan Dagen, kemudian lurus saja hingga sampai ke Jalan Margo Mulyo. Kemudian, beloklah ke kanan hingga ke Jalan Raya Jogja atau disebut juga Jalan KH. Ahmad Dahlan.

1,4 kilometer selanjutnya Anda akan sampai di Jalan R. R. Martadinata atau Jalan Wates, juga disebut sebagai jalur Jalan Yogyakarta-Wates. Dari sini lurus terus hingga menemukan belokan ke kiri ke Jalan Magelang-Purworejo atau juga disebut Jalan Ringroad Barat. Perjalanlah sekitar 14,4 kilometer, kemudian belok kanan ke Jalan Sentolo-Brosot. Lanjut dengan belok ke kiri ke Jalan Pengasih. Lurus terus dan beloklah ke kanan ke Jalan Lingkar Sermo. Sekitar 1,3 kilometer Anda akan sampai di lokasi tujuan.

Mengunjungi Waduk Sermo Jogja memang menyenangkan apalagi jika datang ramai-ramai, baik bersama keluarga maupun para sahabat. Untuk membuat liburan menjadi tanpa halangan, Anda perlu memperhatikan kendaraan yang digunakan. Karena itulah, jika Anda memerlukan kendaraan terbaik yang siap menghadapi jalan terjal maupun menanjak, kami sudah menyiapkannya untuk Anda.

Manfaatkan layanan jasa sewa motor kami, Jogja Rental Motor. Menyenangkannya lagi, harga sewa yang kami tawarkan tidak akan menguras kantong Anda, sebab harganya sangat terjangkau. Kendaraan kami siap untuk membawa Anda ke Waduk Sermo Jogja.