Keraton Yogyakarta merupakan salah satu satu Kesultanan yang masih eksis keberadaanya dalam bingkai NKRI, Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat memiliki daya tarik tersendiri dibanding kesultanan yang lain. Daerah yang juga sering disebut sebagai Jogja, dan Yogya ini menjadi daerah istimewa dan juga menyajikan pesona wisata yang istimewa.

Yogyakarta punya sejarah panjang. Keraton ini mulai didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I setelah penandatanganan Perjanjian Giyanti tahun 1755. Perjanjian antara VOC, Pangeran Mangkubumi, dan dan Sunan Pakubuwana III itu membagi wilayah Mataram menjadi dua. Wilayah timur Sungai Opak untuk Sunan Pakubuwana III, dan sebelah barat untuk Pangeran Mangkubumi yang kemudian bergelar Sultan Hamengku Buwono I dan berkedudukan di Yogyakarta.

Lalu apa saja daya tarik wisata keraton Yogyakarta saat ini? Simak ulasannya berikut.

Wisata Keraton Yogyakarta Sebagai Wisata Sejarah

Tradisi dan budaya kerajaan sangat terjaga di Keraton Yogyakarta. Hal itu kini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Di keraton ini Anda dapat menyaksikan berbagai koleksi benda bersejarah. mulai dari lukisan, benda pusaka kerajaan, beragam tombak pusaka, perangkat musik dan berbagai upacara.

Kehidupan ala kerajaan juga bisa tergambar jelas jika Anda berkunjung ke Keraton Yogyakarta. Mulai dari para abdi dalem, tempat tinggal raja, upacara-upacara hingga pagelaran seni. Bangunan keraton yang megah dan khas Jawa juga menarik untuk dinikmati.

Spot Foto Keren di Keraton Yogyakarta

Keraton-YogyakartaSelain terbuka untuk umum, Keraton Yogyakarta menyajikan berbagai spot foto yang pasti menarik. Benda-benda pusaka, lingkungan keraton dan berbagai bangunan eksotis siap menjadi background foto Anda. dengan hanya membayar tiket izin sebesar Rp1.000 Anda bisa memperoleh foto yang mengesankan. Tiket ini di luar tiket masuk keraton, ya.

Nah, untuk spot foto terbaik di Keraton Yogyakarta Anda bisa memilih beberapa benda bersejarah. Biasanya wisatawan memilih perangkat gamelan Kyai Guntur Madu dan Kyai Nagawilaga sebagai salah satu lokasinya. Agak ke dalam Anda bisa menemukan Bangsal Kencono yang juga bagus untuk ajang berfoto. Bagian regol atau gerbang masuk juga merupakan spot foto Keraton Yogyakarta yang sedang hits.

Pagelaran Seni yang Pasti Mengesankan

Selain menyaksikan kehidupan keraton, jika datang sesuai jadwalnya, maka Anda berkesempatan menyaksikan berbagai pagelaran seni. Mulai dari gamelan, wayang kulit maupun wayang orang. Ingat, musik gamelan itu walaupun kuno bagi sebagian orang, nyatanya jadi favorit juga di negeri barat. Sampai-sampai ada bule yang belajar tekun karena cinta dengan musik gamelan.

Supaya tidak ketinggalan, perhatikan jam-jam pagelarannya. Senin dan Selasa ada pagelaran musik gamelan sejak pukul 10.00 WIB. Lalu Rabu ada Wayang Golek Menak juga mulai jam 10.00. Kamis Anda bisa menikmati tari-tarian mulai jam 10.00. Jumat ada tembang Macapat mulai jam 09.00, dan Sabtunya pagelaran wayang kulit mulai jam 09.30. Di akhir pekan Anda bisa menikmati pertunjukan wayang orang dan tari sejak pukul 09.30.

Lokasi dan Rute ke Keraton Yogyakarta

Keraton Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat berada di jantung kota Jogja, tepatnya di Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, DIY. Tepat sebelah selatan Alun-Alun Utara Yogyakarta, dan hanya berjarak 50 meter dari Jalan Malioboro. Kalau Anda datang menggunakan kereta api, maka dari stasiun Tugu tinggal lurus ke selatan, melewati perempatan Malioboro dan terus hingga bertemu alun-alun utara.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Keraton ini terbuka untuk wisatawan mulai jam 08.00 s/d 14.00 WIB setiap harinya. Khusus pada hari Jumat wisata Keraton Yogyakarta hanya buka sampai jam 12.00 WIB. Bagi wisatawan lokal harga tiket masuknya hanya Rp7.000, sedang wisatawan asing harga tiketnya Rp12.500.

Dengan harga tiket semurah itu, Anda mendapati tempat wisata yang nyaman dan fasilitas menyenangkan. Ada beberapa titik lokasi parkir dan tempat ibasah. Sedang untuk urusan penginapan, oleh-oleh dan tempat makan Anda bisa mencari di luar lokasi keraton.

Itulah ulasan tentang wisata Keraton Yogyakarta. Sebagai tambahan, berlakulah sopan di lingkungan keraton, selalu perhatikan papan petunjuk arah, jangan merokok, dan perhatikan juga beberapa larangan lainnya yang harus dipatuhi pengunjung. Berminat untuk mengunjungi Keraton Yogyakarta? Untuk urusan transportasi tidak usah repot, sewa saja motor di layanan jogjarentalmotor.com.