Indonesia memiliki lautan yang sangat luas. Luasnya sebesar mencapai 3.544.743,9 km². Menurut UNCLOS pada tahun 1982 rincian luas laut eritorialnya adalah 284.210,90 km², luas zona ekonomi ekslusif sebesar 2.981.211,00 km² dan luas laut 12 mil, yang berarti 279.322,00 km²., luas presentasenya sekitar 64,97%. Salah satu upaya untuk membuka dan menambah wawasan kelautan Indonesia, berdirilah museum bahari. Pada tanggal 26 April 2009, didirikanlah wisata Museum Bahari Yogyakarta.

Dengan luasnya laut ini, Indonesia pantas disebut sebagai negara maritim terbesar. Sebagai negara maritim terbesar di dunia, masyarakat Indonesia tentu seharusnya memiliki pengetahuan yang luas akan kelautan. Ada beberapa museum bahari di Indonesia. Di antaranya seperti museum bahari di Jakarta dan Museum bahari di Yogyakarta.

Seluk Beluk Museum Bahari Yogyakarta

Pendirian Museum Bahari Yogyakarta adalah karena kecintaan Laksamana Madya TNI Didik Heru Purnomo akan laut dan keprihatiannnya terhadap generasi muda yang tidak banyak memiliki pengetahuan tentang kelautan. Untuk itulah, ia menjadikan rumahnya sebagai wisata Museum Bahari Yogyakarta. Berikut ulasannya, simak dengan seksama, ya.

Sarana Menambah Wawasan

museum-bahari-yogyakarta

Museum bahari merupakan museum untuk menyimpan koleksi-koleksi yang ada kaitannya dengan kelautan dan kenelayanan di Indonesia. Sebagaimana tujuan didirikan wisata ini, bagi yang ingin menambah wawasan sekaligus liburan, Anda bisa mengunjungi museum bahari Yogyakarta.

Di museum ini, Anda bisa menambah wawasan mengenai keluatan. Di antaranya dengan melihat beberapa film di ruang audiovisual, membaca beberapa keterangan di setiap koleksi dan melihat berbagai koleksi yang dipertunjukkan. Koleksi-koleksi yang ada di museum ini ada yang didatangkan dari luar negeri, koleksi pribadi museum dan sumbangan dari TNI angakatan laut Indonesia. Di antara koleksi-koleksi tersebut seperti torpedo, bom laut, kompas, GPS, radar, ranjau laut, meriam, sonar, kemudi kapal, radio komunikasi, dan pesawar terbang, miniatur dari beberapa jenis kapal, teropong, sectan, dan masih banyak lainnya.

Selfie Mode On

museum-bahari-yogyakarta

Di museum bahari Yogyakarta ini, Anda juga bisa mengabadikan momen bersama pasangan, teman atau bahkan keluarga untuk berfoto ria dan sekaligus menambah wawasan kebaharian. Ada beberapa ruangan yang terdapat di museum bahari Yogyakarta ini. Anda bisa berfoto di ruangan I yang memuat beberapa koleksi senjata dan alat-alat kelautan yang bermacam-macam.

Di ruangan II, Anda bisa berfoto dengan beberapa koleksi lainnya. Sedangkan di ruangan II, Anda bisa mengambil gambar dan wawasan tentang anjungan kapal, perahu tradisional dari berbagai macam jenis dan bentuk serta utamanya kapal perang dan di ruangan IV, Anda bisa melihat film tentang kelautan.

Lokasi dan Rute menuju Museum Bahari Yogyakarta

Bagi yang dari luar kota, Anda bisa pergi ke Jl. R. E. Martadinata No.69, Wirobrajan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55182 dengan menggunakan kendaraan pribadi atau pun angkutan umum. Museum ini juga berdekatan dengan Jogja National Monumen, bagi Anda yang mengunjungi Jogja National Monumen, Anda bisa mampir ke Museum Bahari ini.

Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Fasilitas

Untuk harga tiket masuknya, Anda bisa membayar dengan harga yang sangat murah, yakni hanya sebesar Rp2.000 saja. Museum Bahari Yogyakarta membuka layanan mulai pukul 09.00-17.00 di hari Selasa-Minggu saja. Untuk hari Senin dan hari libur nasional, museum ini tutup.

Fasilitas yang ada di wisata Museum Bahari Yoyakarta ini di antaranya adalah museum galeri, ruangan audiovisual, toko untuk kebutuhan oleh-oleh dan souvenir, musala, tempat parkir, dan toilet.

Bagi Anda yang ingin menginap setelah seharian bersuka ria di museum bahari Yogyakarta, Anda bisa menyewa hotel yang berada di sekitarnya. Hotel terkdekat dengan museum ini adalah Yogya Kembali Hotel dan Gowongan Inn.

Demikianlah ulasan mengenai wisata Museum Bahari Yogyakarta. Bagi Anda yang ingin mengedukasi anak-anak dan keluarga, tak ada salahnya jika berkunjung ke sini. Dan sebagai tambahan serta tips, bagi Anda yang dari luar kota dan bingung mau jalan ke mana untuk sampai museum ini, tak perlu pusing lagi. Sekarang Anda bisa bisa menyewa layanan jasa sewa motor kami di Jogja Rental Motor.